Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan disiplin kerja guru.Metode penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi , analisis data menggunakan teknik interaktif Huberman yang menunjukkan,1) meningkatkan ketepatan waktu kerja guru kepala sekolah menggunakan absen android dan pemberian snack untuk guru yang datang 5 menit sebelum jam masuk, 2) meningkatkan ketaatan terhadap standar kerja kepala sekolah mengadakan IHT dan supervisi, 3) meningkatkan ketaatan terhadap tata tertib, kepala sekolah menjadikan dirinya sebagai teladan,memberikan nasihatdan semangat kepada guru agar mentaati tata tertib, 4) faktor pendukung disiplin guru, sikap teladan, dorongan /semangat,reward,sanksi dan sumber belajar serta menjaga hubungan baik dengan guru.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Nuryeni Nuryeni, Rambat Nur Sasongko

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.