Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Alam Mahira Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan, sedangkan desain penelitian ini adalah studi kasus, dalam arti penelitian difokuskan hanya pada satu fenomena yang dipilih kemudian dipahami dan dianalisis secara mendalam. kedalaman. Subyek penelitian ini adalah Koordinator Pendidikan Inklusi, guru kelas dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini secara umum bahwa pengelolaan pembelajaran pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di SD Alam Mahira Bengkulu dinilai berjalan dengan cukup baik pada tahap perencanaan pembelajaran pendidikan inklusi pada ABK, pada tahap pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi pada ABK, dan pada tahap evaluasi program pendidikan inklusi pada ABK. Meskipun terdapat kendala dalam mengelola pembelajaran, seperti kesulitan sekolah dalam mencari guru pendamping khusus yang sesuai untuk ABK dan sarana prasarana sekolah yang belum mampu melayani kebutuhan ABK seperti ruangan atau kelas khusus untuk melayani ABK.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Noni Darmawati Sukmaretny

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.