Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian pelaksanaan Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 2 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Metodologi yang digunakan adalah metodologi kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa, pembimbing prakerin, ketua pokja dan pembimbing DUDI. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa evaluasi pelaksanaan prakerin untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja di SMK Negeri 2 Lubuklinggau sudah termasuk dalam kriteria baik komponen konteks, input, proses dan produk namun perlu beberapa perbaikan sehingga penyerapan tenaga kerja di SMK Negeri 2 Lubuklinggau menjadi optimal, yaitu pembaruan MoU dengan DUDI, penyelarasan kurikulum atau materi, materi untuk memberikan prakerin yang lebih berkualitas dan item pengawasan yang jelas. Perbaikan diperlukan dalam memaksimalkan hubungan antara sekolah dan DUDI untuk implementasi kurikulum yang selaras.

Rincian Artikel