Isi Artikel Utama

Abstrak

- Tujuan penelitian ini mengetahui perspektif guru bahasa Indonesia dalam Kebijakan Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara mengenai Kebijakan Merdeka Belajar yang terdiri dari empat pokok, yaitu asesmen sekolah, Asesmen kompetensi, penyederhanaan rencana pembelajaran, dan penerimaan siswa baru berbasis Zonasi. Teknik analisis data dengan tahapan, yaitu pengumpulan data, transkripsi data, identifikasi data, klasifikasi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) guru bahasa Indonesia memiliki perspektif yang baik dalam Kebijakan Merdeka Belajar pokok asesmen sekolah, akan tetapi pelaksanaan asesmen sekolah masih perlu penyempurnaan yang disesuaikan dengan Kebijakan Merdeka Belajar, (2) guru bahasa Indonesia memiliki perspektif yang baik dalam Kebijakan Merdeka Belajar pokok asesmen kompetensi dan pelaksanaannya sesuai dengan Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022, (3) guru bahasa Indonesia memiliki perspektif yang baik dalam Kebijakan Merdeka Belajar pokok pelaksanaan penyederhanaan RPP, akan tetapi guru masih menggunakan rencana pembelajaran format K.13, dan (4) guru bahasa Indonesia memiliki perspektif yang kurang mendukung pada penyelenggaraan Penerimaan siswa berbasis Zonasi pada Kebijakan Merdeka Belajar

Rincian Artikel