Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris berbasis kurikulum merdeka dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru bahasa Inggris, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum Sekolah Menengah Pertama Sekolah Islam Terpadu Darul Fikri Bengkulu Utara. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis kurikulum merdeka dilakukan sesuai dengan pedoman kurikulum merdeka, yakni, 1) perencanaan pembelajaran meliputi: analisis CP yang menghasilkan TP, ATP dan  modul ajar serta materi esensial, asesmen diagnostic, pembelajaran berdiferensiasi, asesmen pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran dengan metode MALL pada konten tertentu tahap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang memuat ice breaking/ pembelajaran PSE metode STOP dan kurikulum kekhususan keagamaan, 3) asesmen hasil belajar; menunjukkan hasil asesmen sumatif dan asesemen formatif, 4) hambatan: belum terlaksananya asesmen diagnosis dan pembelajaran berdiferensiasi secara utuh, keterbatasan akses pembelajaran kurikulum merdeka, keterbatasan keahlian guru dalam pelaksanaan projek profil penguatan pelajar Pancasila.

Rincian Artikel