Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian mendeskripsikan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Remban Kabupaten musirawas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: 1) pelaksanaan supervisi terprogram dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, 2) kepala sekolah lebih banyak menggunaan tehnik supervisi kelompok dengan rapat, , workshop, 3) faktor pendukungnya sikap dan respon positif guru, sedangkan hambatannya: Kesibukan kepala sekolah, keterbatasan medi pembelajaran.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Dina Yuriza Putri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.