Main Article Content

Abstract

The general purpose of this research was to analyze the effect of principal instructional leadership and job satifaction toward teacher job performance at Junior High School in Ulok Kupai District Bengkulu Utara Regency. The method of the research used survey. The result showed (1) the principal instructional leadership gave effect which significance toward teacher job performance at Junior High School in Ulok Kupai District Bengkulu Utara Regency.  (2) the job satisfaction gave sinificance effect toward teacher job performance at Junior High School in Ulok Kupai District Bengkulu Utara Regency (3) the principal instructional leadership and job satisfaction gave significance effect toward teacher job performance at Junior High School in Ulok Kupai District Bengkulu Utara Regency.

Article Details

References

  1. Arifin, Barnawi & Mohammad. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
  2. Davis, Keith & John W. Newstrom. 1985. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta:Erlangga.
  3. Eriani. 2015 .Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Stres Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kota Lubuk Linggau. Bengkulu: Tesis Prodi Magister Manajemen Administrasi Pendidikan
  4. PPs FKIP Universitas Bengkulu.
  5. Ester Manik & Kamal Bustomi. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah,Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 5, No. 2, Oktober 2011, 97-107.
  6. Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
  7. Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. 2001. Organizational Behavior. Fifth Edition. Irwin McGraw-Hill.
  8. Lunenburg, Fred C, & Irby, Beverly J. 2006. The Principalship; Vision to action. Wadsworth: Cengange learning.
  9. Merwan Efendi. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Seluma.Bengkulu: Tesis Prodi Magister Manajemen Administrasi Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu.
  10. Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreati dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  11. Nasution, S. 1987. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
  12. Natawijaya, Rohman. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  13. Pidarta, M. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Purwono. 2013. Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kepen-didikan
  15. Rahmi Agustina & Sulaiman. 2013. Hubungan Motivasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Pidie. Jurnal Sains Riset Volume 3 - No. 1, 2013.
  16. Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Jilid-1. Edisi Indonesia.
  17. Salim Munajat. 2006. Hubungan Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri Arga Makmur. Bengkulu: Tesis Prodi Magister Manajemen Administrasi Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu
  18. Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. http://lib.unnes.ac.id/ 16740/ (diunduh 28 Agustus 2015)
  19. Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
  20. Syadam, Gouzali. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management) Suatu Pendekatan Mikro (Dalam Tanya Jawab). Jakarta: Djambatan.
  21. Wijanarko, Bambang. 2015. Kepemimpinan Pembelajaran Bagi Kepala Sekolah. Jurnal. Maret 2015.
  22. Zakaria. 2014. Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Makalah Seminar Nasional Program Studi Magister Administrasi Pendidikan FKIP Unib