Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui standarisasi laboratorium biologi MAS
Islamic Center Sumatera Utara dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek
yang menjadi sasaran penelitian ini adalah kepala Laboratorium, pengelola laboratorium, guru
bidang studi biologi, siswa dan sarana prasarana laboratorium biologi di MAS Islamic Center
Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket,
pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian standarisasi daya dukung prasarana
laboratorium biologi mempunyai rerata 87,5% dengan klasifikasi sangat baik, standarisasi daya
dukung sarana mempunyai rerata persentase 90,15% dengan klasifikasi sangat baik,
standarisasi tenaga laboratorium mempunyai persentase 66,66% masuk kategori baik,
standarisasi manajemen laboratorium biologi berdasar pada kompetensi dan sub kompetensi
yang dimiliki oleh kepala laboratorium biologi mempunyai persentase 85,16% termasuk dalam
klasifikasi sangat baik. Implementasi kurikulum merdeka belajar pada prinsip pembelajaran
dan prinsip asesmen mempunyai kriteria baik dengan persentase 72,6%. Secara keseluruhan
laboratorium biologi MAS Islamic Center Sumatera Utara mempunyai standarisasi kategori
baik, pengelola laboratorium berorientasi masa depan dengan digitalisasi informasi sehingga
laboratorium biologi MAS Islamic Center Sumatera Utara siap untuk mendukung
implementasi pembelajaran kurikulum merdeka.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Aisya Basyusyi Aisya Basyusyi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.