Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui standarisasi laboratorium biologi MAS


Islamic Center Sumatera Utara dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka.


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek


yang menjadi sasaran penelitian ini adalah kepala Laboratorium, pengelola laboratorium, guru


bidang studi biologi, siswa dan sarana prasarana laboratorium biologi di MAS Islamic Center


Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket,


pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian standarisasi daya dukung prasarana


laboratorium biologi mempunyai rerata 87,5% dengan klasifikasi sangat baik, standarisasi daya


dukung sarana mempunyai rerata persentase 90,15% dengan klasifikasi sangat baik,


standarisasi tenaga laboratorium mempunyai persentase 66,66% masuk kategori baik,


standarisasi manajemen laboratorium biologi berdasar pada kompetensi dan sub kompetensi


yang dimiliki oleh kepala laboratorium biologi mempunyai persentase 85,16% termasuk dalam


klasifikasi sangat baik. Implementasi kurikulum merdeka belajar pada prinsip pembelajaran


dan prinsip asesmen mempunyai kriteria baik dengan persentase 72,6%. Secara keseluruhan


laboratorium biologi MAS Islamic Center Sumatera Utara mempunyai standarisasi kategori


baik, pengelola laboratorium berorientasi masa depan dengan digitalisasi informasi sehingga


laboratorium biologi MAS Islamic Center Sumatera Utara siap untuk mendukung


implementasi pembelajaran kurikulum merdeka. 

Rincian Artikel