Isi Artikel Utama

Abstrak

Kinerja guru merupakan komponen penting untuk diukur dalam peningkatan mutu pendidikan di indonesia. Faktor penting yang berperan dalam peningkatan kinerja guru adalah motivasi intrinsik dan iklim organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja mengajar guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, kepala sekolah dan pihak pemegang kebijakan. Meode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang utama menggunakan angket dengan responden adalah guru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 786 orang guru SMP Negeri Se-Kabupaten Rejang Lebong dengan sampel 118 guru. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah menggunakan regresi simultan dengan uji signifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi intrinsik dan iklim sekolah secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru dalam proses pembelajaran di  SMP Negeri Se-Kabupaten Rejang Lebong. Saran diberikan kepada guru,kepala sekolah dan dinas setempat untuk terus memfasilitasi peningkatan kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Rejang Lebong.

Rincian Artikel