Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter peserta didik dalam membangun pribadi yang tangguh dan beretika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif komparatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator bimbingan konseling, dan guru bimbingan konseling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan karakter yang baik di sekolah dengan penuh etika dan menjadi pribadi yang tangguh. Dapat disimpulkan bahwa: pembentukan karakter siswa melalui pengelolaan layanan bimbingan dan konseling berjalan sesuai dengan peraturan sekolah di SMP Negeri 2 Bengkulu Selatan; membangun pribadi tangguh dan beretika dengan berbagai kegiatan konseling, yaitu siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah; faktor yang mendukung dan menghambat adalah kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar sekolah; pengelolaan layanan bimbingan konseling dilakukan untuk membentuk karakter siswa, yaitu dengan melakukan layanan konseling kelompok personal sosial bersama teman sebaya.

Rincian Artikel