Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; proses program pengembangan profesionalitas guru yang meliputi; perencanaan program, pelaksanaan program, tindak lanjut dan hambatan program pengembangan profesi guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bengkulu Selatan. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, serta deskripsi dan verifikasi kalimat. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Perencanaan program pengembangan profesionalitas guru ada tetapi belum sepenuhnya terlaksana, (2) Pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru belum berjalan sesuai dengan program yang ada . (3) Ada tindak lanjut program pengembangan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bengkulu Selatan, namun tidak berdampak positif terhadap pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru. (4) Faktor penghambat program pengembangan profesionalisme guru adalah; (a) faktor eksternal, dan (b) Faktor internal. Sebagai tindak lanjut dari penelitian pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bengkulu Selatan, yaitu; Perlu adanya revisi terhadap perumusan dan pengaturan jadwal program pengembangan profesionalitas guru berjalan sersuai dengan target yang ingin dicapai
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Septi Marlita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.