Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pengelolaan kurikulum merdeka di SDN 12 Bengkulu Tengah dengan menggunakan metode pengumpulan data dan analisis kualitatif. Narasumber dipilih berdasarkan keterlibatannya dalam pengelolaan kurikulum merdeka. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen.Hasil penelitian mencakup temuan penting. Perencanaan melibatkan tim penerapan kurikulum, analisis konteks, dan identifikasi Kurikulum Merdeka. Pengorganisasian dilakukan dengan memberdayakan guru dalam penjadwalan dan pembagian tugas. Pelaksanaan melibatkan pengawasan oleh kepala sekolah melalui rapat briefing. Evaluasi dilakukan melalui pemeriksaan dokumen, wawancara, dan supervisi kelas. Rencana tindak lanjut dilakukan setelah evaluasi.Faktor pendukung meliputi Program Sekolah Penggerak, Platform Merdeka Mengajar, kerja sama tim, kualifikasi pendidikan guru, tenaga ahli, serta sarana dan prasarana yang memadai. Namun, faktor penghambat meliputi penerapan yang mendadak, pengetahuan guru yang kurang, dan kurangnya stabilitas sinyal internet.

Article Details