Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas belajar di SD Negeri 36 Lubuklinggau. Peran yang dimaksud adalah pemimpin pembelajaran, penggerak komunitas praktisi, coach bagi guru lain, kolaborator antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Tahapan pengelolaan data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi, dan penyimpulan. Kesimpulan penelitian yaitu guru penggerak telah mengimplementasikan seluruh perannya yaitu sebagai pemimpin pembelajaran, Penggerak komunitas praktisi, Coach bagi guru lain, kolaborator antar guru dan menjadi guru yang mewujudkan kepemimpinan murid untuk menggerakkan komunitas belajar dalam berbagai bentuk seperti inisiator dalam penyusunan kurikulum, memberikan coaching kepada guru yang lain, menginisiasi berbagai kegiatan di komunitas belajar, melibatkan siswa dalam kepemimpinan kelas dan sekolah.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Buyung Kirana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.