Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan kondisi sistem penerimaan pesera didik baru, pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah dan penempatan peserta didik baru di SD Negeri 48 dan 58 Lubuklinggau. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan; sistem PPDB telah menghilangkan tes calistung, ketepatan sekolah menentukan jalur dan kuota rombongan belajar serta implementasi web terintegrasi dalam proses pendaftaran. SD Negeri 48 Lubuklinggau belum melakukan sosialisasi alur, persyaratan dan jawal PPDB melalui berbagai media; Pada MPLS, minim partisipasi aktif orangtua/wali; Penempatan peserta didik didalam kelas menggunakan fungsi integrasi (usia, gender atau urutan pendaftaran).

Rincian Artikel