Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pengawas dalam supervisi akademik guru. supervisi manajerial kepala sekolah, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan dan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program pengawasan. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pengawas Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengawas sekolah perlu ditingkatkan secara substansial dalam bidang supervisi, evaluasi, dan tindak lanjut program kepengawasan untuk lebih mendukung pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah. Simpulan umum dalam penelitian ini adalah kinerja pengawas sekolah masih perlu ditingkatkan dalam berbagai aspek untuk mendukung pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah secara lebih efektif. Saran bagi peengawas agar meningkatkan kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, dan evaluasi program kepengawasan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Ahcmad Fajar Cici Mulyana, sumarsih sumarsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.