Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis evaluasi program Social Emotional Learning dalam mengatasi kasus Bullying di SMP Negeri Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling, sampel penelitian ini sebanyak 78 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Ideal dan Standart deviation ideal. Hasil penelitian ini 1) Evaluasi konteks program SEL di SMP Negeri Sidoharjo menunjukkan bahwa program ini memiliki potensi untuk mengurangi kasus bullying.2) Evaluasi input program SEL sangat penting untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program. Dengan memahami input yang ada, sekolah dapat melakukan perbaikan dan peningkatan untuk memastikan program SEL berjalan secara efektif dalam mengatasi masalah bullying. 3) Evaluasi proses program SEL memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana program tersebut berjalan di lapangan. 4) Evaluasi produk program SEL sangat penting untuk mengukur dampak jangka panjang dari program tersebut..
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Echa Sriyanti Echa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.