Main Article Content

Abstract

Tujuan  penelitian untuk mendeskripsikan  penerapan  program sistem kredit poin pelanggaran tata tertib untuk meningkatkan disiplin siswa di SMPN 1 Muara Lakinan Kabupaten musi Rawas dihat aspek perencanaan, penerapan dan implikasinya. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode interatif model dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan sistem kredit poin pelanggaran di susun oleh tim, di sosialisasikan pada warga sekolah dan disyahkan oleh komite dan kepala sekolah. Penerapan sism kredit poin melibatkan waksek kesiswaan, guru bimbingan konseling, wali kelas dan guru, pelanggaran siswa ringan, sedang dan berat masih dilakukan sebagian kecil siswa, pemberin sanksi sesuai dengan jenis pelanggaran dan poin yang diperoleh dan penerapan sanksi dilakukan secara adil dan objektif. Implikasi penerapan sistem kredit poin pelanggaran dapat meningkatkan disiplin yang ditunjukkan dengan menurunkan pelanggaran tata tertib oleh siswa.  Saran kepada kepala sekolah dapat mengevaluasi secara rutin pelanggaran yang dilakukan siswa dan memberikan sanksi yang lebih kreatif dan mendidik sehingga menimbulkan penyadaran akan budaya disiplin.

Article Details