Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformational Kepala Sekolah dan Komitmen guru terhadap Kinerja Guru dalam Inovasi Pembelajaran di SMP Negeri Kota Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 82 orang guru SMP di Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan transformational kepala sekolah berpengaruh dan signifikan terhadap Kinerja guru dalam inovasi pembelajaran di SMP Negeri Kota Lubuklinggau, dibuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 4.468 > 0,677. Komitmen guru berpengaruh dan signifikan terhadap Kinerja guru dalam inovasi pembelajaran di SMP Negeri Kota Lubuklinggau, dibuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 1.177 > 0,677.  Gaya kepemimpinan transformational kepala sekolah berpengaruh dan signifikan terhadap Komitmen guru dalam inovasi pembelajaran di SMP Negeri Kota Lubuklinggau, dibuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 3.130  > 0,677Gaya kepemimpinan transformational kepala sekolah secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Komitmen guru dalam inovasi pembelajaran di SMP Negeri Kota Lubuklinggau, dibuktikan nilai fhitung sebesar = 9.956   lebih besar dari nilai ftabel = 2,72.


 

Article Details