Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam manajemen pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam meningkatkan hasil pembelajaran di SMA Negeri 1 Seluma. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan secara sistematis berdasarkan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada pengembangan holistik siswa. Pengorganisasian pembelajaran dilakukan secara fleksibel dan adaptif dengan melibatkan tim pengembangan kurikulum dan supervisi berkala. Pelaksanaan pembelajaran menekankan pembelajaran berdiferensiasi, integrasi teknologi, serta penggunaan metode interaktif. Evaluasi dilakukan secara kognitif dan psikomotorik dan berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran PJOK yang baik mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam pendidikan jasmani.

Article Details