Main Article Content
Abstract
Abstrak: Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen budaya sekolah di SMKN 3 Kabupaten Seluma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru-guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan budaya sekolah dilaksanakan dengan membuat perencanaan program budaya sekolah, melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dengan baik. Dan selalu mengadakan evaluasi untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pembinaan.
Kata Kunci: manajemen, budaya, manajemen budaya
Article Details
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto Suharsimi 2015. Meotode Penelitian. Teori dan Praktik. Jakarta: Perseroan Terbatas Ghalia Indonesia
- ------------------------ 2004. Evaluasi Program. Jakarta: Penerbit Perseroan Terbatas Ghalia Indonesia.
- Bears. 2002. Adesuherman.blogspot.com/2011_06_13_archive.html?m=1
- Haryati, NIK. (2011). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta. Cet.1
- Mulyasa (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit CV Alfabeta
- Nurcholis (2013). Pendidikan dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Kompas Press.
- Permendiknas No. 13 tahun 2007. Tentang Supervisi Akademik Materi Pelatihan Ppenguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Sergiovanni, T.J &Starrat, R,J. (1993). Supervision: Human Perspective. McGraw-Hill: New York
- Soegiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
- Sotari Komariah (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Angkasa
- Sudharsono (1994). Pengelolaan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: Penerbit Angkasa.
- Talialele (1994). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Penerbit Program Pascasarjana IKIP Malang
References
Arikunto Suharsimi 2015. Meotode Penelitian. Teori dan Praktik. Jakarta: Perseroan Terbatas Ghalia Indonesia
------------------------ 2004. Evaluasi Program. Jakarta: Penerbit Perseroan Terbatas Ghalia Indonesia.
Bears. 2002. Adesuherman.blogspot.com/2011_06_13_archive.html?m=1
Haryati, NIK. (2011). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta. Cet.1
Mulyasa (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit CV Alfabeta
Nurcholis (2013). Pendidikan dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Kompas Press.
Permendiknas No. 13 tahun 2007. Tentang Supervisi Akademik Materi Pelatihan Ppenguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Sergiovanni, T.J &Starrat, R,J. (1993). Supervision: Human Perspective. McGraw-Hill: New York
Soegiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sotari Komariah (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Angkasa
Sudharsono (1994). Pengelolaan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: Penerbit Angkasa.
Talialele (1994). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Penerbit Program Pascasarjana IKIP Malang