EVALUASI PROGRAM PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH KELURAHAN SUMBER JAYA, KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Yenni Lidiawati (1) , M. Faiz Barchia (2) , B Hermawan (3)
(1) Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
(2) Jurusan Ilmu Tanah, Universitas Bengkulu
(3) Jurusan Ilmu Tanah, Universitas Bengkulu

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi kondisi prasarana lingkungan seperti air bersih, jalan, drainase, persampahan dan air limbah pasca penanganan kumuh yang dilakukan, dan menganalisa keberhasilan program kawasan kumuh kelurahan sumber jaya melalui pembangunan sarana dasar seperti air bersih, jalan, drainase, persampahan dan air limbah menurut persepsi masyarakat; Sampel penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Sumber Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke auditor sebanyak 87 kuesioner. Metode statistik menggunakan pengujian hipotesis uji statistik R dan T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana air bersih memiliki rata-rata lebih tinggi dari yang lain sebesar 3,85, selain itu sarana jalan memiliki rata-rata 3,77 dan sarana drainase memiliki rata-rata 3,74. Sarana persampahan dan air limbah memiliki rata-rata 3,60. Melihat perbandingan rata-rata tiap karakteristik, dapat disimpulkan bahwa sarana air bersih, jalan dan drainase memiliki bobot tergolong tinggi dan sarana tersebut mendukung kebutuhan masyarakat dengan baik yang ada dipermukiman kumuh Kelurahan Sumber Jaya, sedangkan saran persampahan dan Air Limbah masih tergolong cukup baik tetapi masih mendukung sarana permukiman yang ada. Hal ini perlu dilakukan peningkatan terhadap sarana persampahan dan air limbah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Full text article

Generated from XML file

References

Acharya, Bala Ram. 2010. Urban Poverty : A Sociological Study of Shankhmul Squatter. Dhaulagiri Journal of Sociology and Anthropogy, Vol.5.
Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu. Kota Bengkulu Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu : Kota Bengkulu.
Bappeda.2017. Dokumen SIAP (Slum Iprovment Action Plan), Revisi 1. Pemerintah Kota Bengkulu.
Dunn, N. Williams. 2000. Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua Cetakan ke 4. Yogyakarta. Gadjah Mada university Pers.
Peraturan Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2016, Kriteria perumahan kumuh dan permukiman kumuh merupakan kriteria yang digunakan untuk menentukan kondisi kekumuhan pada perumahan kumuh dan permukiman kumuh.
Perumahan Rakyat Untuk Kesejahteraan dan Pemerataan, Kantor Menteri Negara Perumahan Rakyat, 1997, Jakarta : Properti Indonesia.
Prayitno, Budi. 2014. Skema Inovatif Penanganan Permukiman Kumuh. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Ridlo, M. Agung. 2001. Kemiskinan di Perkotaan. Semarang. Unissula Press.
Undang-Undang No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan kawasan permukiman.
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodelogi penelitian wilayah kontenporer. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Authors

Yenni Lidiawati
ryrke25@gmail.com (Primary Contact)
M. Faiz Barchia
B Hermawan
Lidiawati, Y., Barchia, M. F., & Hermawan, B. (2021). EVALUASI PROGRAM PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH KELURAHAN SUMBER JAYA, KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 10(2), 440–448. https://doi.org/10.31186/naturalis.10.2.20405

Article Details