STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Yogi Kosmanto (1) , Rohidin Mersyah (2) , Bieng Brata (3)
(1) Mahasiswa Program Pasca Sarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Fakultas Pertanian UNIB , Indonesia
(2) Staf Pengajar Luar Biasa Fakultas Pertanian UNIB , Indonesia
(3) Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan sampah di TPA, dan mengetahui faktor yang akan mempercepat proses pengelolaan sampah, mengetahui faktor penghambat proses pengelolaan sampah, mengetahui peluang yang dapat diraih sehubungan dengan pelaksanaan pengelolaan sampah, mengetahui ancaman yang akan menjadi penghambat proses pengelolaan sampah. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari tahun 2012 hingga bulan Maret tahun 2012 di Tempat Pembuangan Akhir Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strengh, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk menganalisis strategi pengelolaan sampah agar tidak menimbulkan dampak negatif di TPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan (strength) yang dimiliki adalah, Adanya dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dilihat dari tanggapan responden 52% menyatakan setuju, 42% sangat setuju, dan 6% menyatakan tidak setuju.Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM)  yang cukup banyak yang dilihat dari 66% responden menyatakan setuju, 27% responden menyatakan sangat setuju dan 7% responden kurang setuju. Tersedianya kotak sampah yang cukup yang dilihat dari 68% menyatakan setuju, 19% sangat setuju dan 13% tidak setuju. Kelemahannya adalah pegawai Dinas Kebersihan Pertamanan dan Tata Kota kurang aktif dan belum diberdayakan maksimal yang dilihat dari 53% responden setuju, 19% kurang setuju, 15 % tidak setuju dan 13% sangat setuju. pendistribusian SDM belum merata dilihat dari 49% responden menyatakan setuju, 37% menyatakan kurang setuju (ini mungkin disebabkan karna ketidak tahuan responden), 10% sangat setuju dan 4% tidak setuju .Masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang sampah organik dan anorganik serta cara pemisahannya dilihat dari 54% responden menyatakan setuju, 28% sangat setuju, 18% tidak setuju. Peluang yang dimiliki adalah sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos dan makanan ternak, sampah anorganik dapat didaur ulang. Sedangkan ancaman yang dihadapi adalah kurangnya sarana pengangkut sampah, belum adanya SDM yang menguasai teknik mesin pengelola sampah dan tenaga ahli di bidang pengelolaan sampah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi yang direkomendasikan untuk mengelola sampah di TPA Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan yang dimiliki Dinas Kebersihan Pertamanan dan Tata Kota serta memberdayakan masyarakat, dan pemulung untuk menangkap peluang yang ada.

 

Kata Kunci: Sampah, Strategi, Pengelolaan

Full text article

Generated from XML file

References

Anonim, 1998. Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor 23 Tahun 1998 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan, Bagian Hukum Pemda Kabupaten Bengkulu Selatan.
Anonim, 2000, Nusantara, Tim suhus kertaseni, Berkreasi Dengan Kertas Daur Ulang, puspa swara, Jakarta.

Anonim, 2008. Undang-Undang No.18 Tahun 2008, Tentang

Pengelolaan Sampah, Setneg Republik Indonesia, Jakarta

Anonim, 2010, Bengkulu Selatan Dalam Angka 2010, Badan Pusat Statistik Bengkulu Selatan

Anonym, 2011, Laporan Pemantauan Kualitas Air di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kantor Lingkungan Hidup Bengkulu Selatan

Anonim, 2011. Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa umum, Bagian Hukum Pemda Kabupaten Bengkulu Selatan.

Purwanti, E, 2007, Sampah Jadi Uang, Cetakan Pertama, Saka Mitra Kompetensi, Jakarta.

Rangkuty, F. 2000, Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Authors

Yogi Kosmanto
yogikosmnto@gmail.com (Primary Contact)
Rohidin Mersyah
Bieng Brata
Kosmanto, Y., Mersyah, R., & Brata, B. (2018). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.31186/naturalis.1.1.5912

Article Details