PERSEPSI PEKERJA TAMBANG BATUBARA PT. FIRMAN KETAUN

Windi Mayasari (1) , Hery Suhartoyo (2) , Zainal Muktamar (3)
(1) Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu Program Studi Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Trisula Bengkulu , Indonesia
(2) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Perusahaan pertambangan batubara yang memiliki ijin beroperasi di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara adalah PT.  Firman Ketaun (FK) berada di Desa Tanjung Dalam Kecamatan Ulok Kupai,  Kabupaten Bengkulu Utara. Luas wilayah  PT.  Firman Ketaun (FK) adalah 1259,6 ha, dengan besarnya luas wilayah tersebut, maka PT. Firman Ketaun memiliki aktivitas penambangan yang besar. Aktivitas kegiatan penambangan yang besar  menjadi dasar berpengaruhnya terhadap kondisi sosial ekonomi para pekerja, baik itu secara positif maupun negatif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pokok permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana persepsi pekerja terhadap kondisi sosial ekonomi pekerja tambang batubara PT. Firman Ketaun , (b) Bagaimana hubungan persepsi pekerja akibat keberadaan pertambangan batubara terhadap kondisi sosial ekonomi PT. Firman Ketaun. Tujuan dari penelitian ini  adalah: (a) Menentukan faktor yang mempengaruhi persepsi pekerja terhadap kondisi sosial ekonomi pekerja tambang batubara PT. Firman Ketaun, (b) Menentukan rata-rata penilaian persepsi pekerja terhadap kondisi sosial ekonomi pekerja tambang batubara PT. Firman Ketaun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif. Sebagai alat pengumpul data primer, instrumen atau alat ukur yang digunnakan dalam penelitian ini sebagian besar adalah kuisioner dengan pertanyaan tertutup dan alternatif jawaban menggunakan 5 point Skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi persepsi pekerja terhadap kondisi sosial ekonomi pekerja tambang batubara PT. Firman Ketaun adalah: (a)  Bidang pekerjaan, (b) Status pekerja, (c) Lokasi  bekerja. Rata-rata penilaian persepsi pekerja terhadap kondisi ekonomi pekerja tambang batubara PT. Firman Ketaun sebesar 84%  dan rata-rata penilaian persepsi pekerja terhadap kondisi sosial pekerja tambang batubara PT. Firman Ketaun sebesar 76,47%.

Full text article

Generated from XML file

References

Ali, Muhammad. 1985. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi, Bandung : Angkasa.

Aprianti, L 2012. Potensi pelepasan merkuri pada lingkungan tambang emas rakyar di Lebong tambang Kabupaten Lebong. Tesis. Fakultas pertanian jurusan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Universitas Bengkulu, Bengkulu (tidak dipublikasikan)

Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. tentang: Bengkulu Dalam Angka.

Coleman, J. (1999). Social Capital in the Creation of Human Capital. Cam-bridge Mass: Harvard University Press

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Soelistijo, U. 2005. Pengembangan Sumber Daya Mineral dan Energi Sebagai Sarana Penggerak Mula Dalam Pengembangan Wilayah. Orasi Pengukuhan Ahli Peneliti Utama bidang Ekonomi Mineral, Energi dan Pengembangan Wilayah. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Yusnita, E. 2003. Kultur Jaringan: Cara memperbanyak tanaman secara efisien.Agro Media Pustaka. Jakarta.

Authors

Windi Mayasari
wmayasari@gmail.com (Primary Contact)
Hery Suhartoyo
Zainal Muktamar
Mayasari, W., Suhartoyo, H., & Muktamar, Z. (2019). PERSEPSI PEKERJA TAMBANG BATUBARA PT. FIRMAN KETAUN. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 8(1), 9–14. https://doi.org/10.31186/naturalis.8.1.9157

Article Details