Main Article Content

Abstract





Pentingnya informasi cuaca untuk masyarakat tidak akan pernah lepas dari perkembangan teknologi yang ada. Semakin canggih teknologi, maka keadaan cuaca tersebut dapat diketahui, dipantau dengan cepat, tepat dan akurat. Untuk mengetahui dan memantau keadaan cuaca tersebut menjadi suatu informasi, maka diperlukan suatu cara dan metode untuk mengolahnya hingga menjadi suatu informasi yang berguna bagi masyarakat.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat peringatan dini cuaca secara spasial dengan memanfaatkan data radar cuaca gematronik Bengkulu, yang mana data tersebut akan diolah menggunakan metode pengelompokkan K-Means Cluster sehingga menghasilkan suatu informasi peringatan dini cuaca secara spasial untuk menentukan daerah-daerah yang memiliki indeks tingkat kemungkinan banjir. Berdasarkan hasil penelitian, waktu yang dibutuhkan untuk mengelompokkan 2 kelompok tingkat kemungkinan adalah singkat (2 iterasi). Tingkat kemungkinan rendah memiliki cluster berwarna hijau dengan nilai 1 dan tingkat kemungkinan sedang-tinggi dengan nilai 2 berwarna jingga dan dapat dipetakan secara spasial pada batas administrasi kecamatan sehingga menjadi informasi peringatan dini cuaca.





Keywords

Kata kunci: radar cuaca, K-means cluster.

Article Details

How to Cite
anjasman, anjasman. (2023). Pemanfaatan Data Radar Cuaca Untuk Membuat Peringatan Dini Cuaca Secara Spasial Menggunakan Metode K-Means Cluster. Newton-Maxwell Journal of Physics, 4(2), 37–41. https://doi.org/10.33369/nmj.v4i2.29588

References

  1. Ali, A., . Riset dan Pengembangan Sistem Prediksi IBFWS, Bahan Ajar Diklat IBF. Bogor, 2023.
  2. Ali, A,dkk. : Sistem Integrasi Data Radar Cuaca Mandiri Berbasis Web-Gis dan Aplikasi Android, Geomatika Vol. 29, No. 1, April 2023.
  3. Ali, A., dkk,. Kajian Awal Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Dalam Implementasi Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Berbasis Dampak, Prosiding WIN-ID 2021.
  4. Dhiram, dkk. Evaluation on Radar Reflectivity-Rainfall Rate (Z-R) Relationship for Guyana. Vol.6 No.4, October 2016.
  5. Helilintar, R, dkk. Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Prediksi Prestasi Nilai Akademik Mahasiwa. Jurnal sains dan Informatika, 4(2), 80-87, November 2018.
  6. Metisen, BM dkk . Analisis Clustering Menggunakan K-means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila, Jurnal Media Infotama, Vol. 11 No.2 , September 2015.
  7. Miftahudin . Analisis Unsur-unsur Cuaca dan Iklim Melalui Uji Mann-Kendall Multivariat, Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, Vol. 13, No. 1, Juli 2016.
  8. Prayuda, SS dkk. Penerapan Metode Mean Field Bias (MFB) Sebagai Faktor Pengkoreksi Estimasi Curah Hujan Radar Cuaca BMKG Juanda Sidoarjo. Jurnal Sains dan Teknologi Atmosfer Vol.1, No.1, Tahun 2021.
  9. Prakasa, A dkk. Sistem Informasi Radar Cuaca Terintegrasi BMKG, Journal Of Telecommunication , Electronic and Control Engineering (JTECE), Vol.01, No.02, Juli 2019.
  10. Zaki, A dkk. Penerapan K-means Clustering dalam pengelompokkan data, Journal Mathematics, Computations and Statistics Vol.5 No.2, Oktober 2022.
  11. Sumaja, K . Penentuan Produk Radar Cuaca Paling Tepat Untuk Membuat Peringatan Dini Cuaca Ekstrim dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Skiripsi Fisika Universitas Udayana, Maret 2014.