Main Article Content

Abstract









Penelitian ini menginvestigasi gerak partikel bermuatan dalam medan magnet melalui pendekatan numerik menggunakan metode Euler, serta implementasinya dalam simulasi berbasis web untuk tujuan edukasi. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pelajar mengalami kesulitan memahami konsep ini karena bersifat abstrak  dan tidak intuitif secara visual.  Dibandingkan metode lain seperti Runge-Kutta, metode Euler dipilih karena kalkulasinya yang lebih sederhana.  Partikel bermuatan yang bergerak dalam medan magnet mengalami gaya Lorentz yang menyebabkan lintasan melingkar. Simulasi dikembangkan menggunakan pustaka P5.js, memungkinkan visualisasi dinamis gerak partikel. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kesalahan integrasi meningkat dengan langkah waktu yang lebih besar, tetapi dapat diminimalkan dengan langkah yang lebih kecil. Pemilihan langkah waktu yang tepat diperlukan untuk menjaga akurasi visualisasi agar tidak terjadi kesalahan interpretasi. Integrasi simulasi ke dalam game edukasi berbasis web menunjukkan potensi sebagai alat bantu interaktif untuk pemahaman lebih mendalam tentang medan magnet dan gaya Lorentz.









Keywords

Gerak Partikel JavaScript Medan Magnet P5.js Simulasi Numerik

Article Details

How to Cite
Saputra, C., Salam, R. A., & Akhmadi. (2024). Simulasi Gerak Partikel Bermuatan dalam Medan Magnet Menggunakan Metode Euler dan JavaScript P5.js untuk Game Edukasi Berbasis Web. Newton-Maxwell Journal of Physics, 5(2), 66–72. https://doi.org/10.33369/nmj.v5i2.36110

References

  1. Y. Wu and S. Şahin, “3.13 Fusion Energy Production,” in Comprehensive Energy Systems, I. Dincer, Ed., Oxford: Elsevier, 2018, pp. 538–589. doi: https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809597-3.00330-8.
  2. J. A. Bittencourt, “Charged Particle Motion in Time-Varying Electromagnetic Fields,” in Fundamentals of Plasma Physics, J. A. Bittencourt, Ed., New York, NY: Springer New York, 2004, pp. 95–121. doi: 10.1007/978-1-4757-4030-1_4.
  3. J. B. Westgard, “Particle Motion in Electromagnetic Fields,” in Electrodynamics: A Concise Introduction, J. B. Westgard, Ed., New York, NY: Springer New York, 1997, pp. 311–348. doi: 10.1007/978-1-4612-2356-6_7.
  4. S. U. Khan, U. Uktamov, J. Rayimbaev, A. Abdujabbarov, I. Ibragimov, and Z.-M. Chen, “Circular orbits and collisions of particles with magnetic dipole moment near magnetized Kerr black holes in modified gravity,” The European Physical Journal C, vol. 84, no. 2, p. 203, 2024, doi: 10.1140/epjc/s10052-024-12567-2.
  5. R. L. Liboff, “Brownian Motion of Charged Particles in Crossed Electric and Magnetic Fields,” Physical Review, vol. 141, no. 1, pp. 222–227, Jan. 1966, doi: 10.1103/PhysRev.141.222.
  6. J. G. A. Guzmán, V. Florinski, G. Tóth, S. Sharma, B. van der Holst, and M. Opher, “Numerical Modeling of Energetic Charged-particle Transport with SPECTRUM Software: General Approach and Artificial Effects due to Field Discretization,” Astrophys J Suppl Ser, vol. 272, no. 2, p. 46, 2024, doi: 10.3847/1538-4365/ad4637.
  7. P. K. Soni, B. Kakad, and A. Kakad, “Simulation study of motion of charged particles trapped in Earth’s magnetosphere,” Advances in Space Research, vol. 67, no. 2, pp. 749–761, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.asr.2020.10.020.
  8. F. Sciortino et al., “Modeling of particle transport, neutrals and radiation in magnetically-confined plasmas with Aurora,” Plasma Phys Control Fusion, vol. 63, no. 11, p. 112001, 2021, doi: 10.1088/1361-6587/ac2890.
  9. R. Van Durme, G. Crevecoeur, L. Dupré, and A. Coene, “Model-based optimized steering and focusing of local magnetic particle concentrations for targeted drug delivery,” Drug Deliv, vol. 28, no. 1, pp. 63–76, Jan. 2021, doi: 10.1080/10717544.2020.1853281.
  10. M. Borghei, M. Ghassemi, J. M. Rodríguez-Serna, and R. Albarracín-Sánchez, “A Finite Element Analysis and an Improved Induced Charge Concept for Partial Discharge Modeling,” IEEE Transactions on Power Delivery, vol. 36, no. 4, pp. 2570–2581, 2021, doi: 10.1109/TPWRD.2020.2991589.
  11. “p5.js.” Accessed: Jul. 30, 2024. [Online]. Available: https://p5js.org/
  12. T. E. Hull, W. H. Enright, B. M. Fellen, and A. E. Sedgwick, “Comparing Numerical Methods for Ordinary Differential Equations,” SIAM J Numer Anal, vol. 9, no. 4, pp. 603–637, 1972, [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/2156215
  13. R. Gomes Mendonça Neves, J. L. Schwartz, J. Carvalho Silva, and V. Duarte Teodoro, Learning introductory physics with computational modelling and interactive environments. 2012. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/235354433
  14. M. Ben Ouahi, D. Lamri, T. Hassouni, and E. M. Al Ibrahmi, “Science teachers’ views on the use and effectiveness of interactive simulations in science teaching and learning,” International Journal of Instruction, vol. 15, no. 1, pp. 277–292, Jan. 2022, doi: 10.29333/iji.2022.15116a.