Main Article Content

Abstract

 

Abstrak: Indonesia merupakan negara yang kaya akan beraneka ragam tumbuhan,hal ini tentunya didukung oleh iklim tropis yang dimiliki sehingga memungkinkan beraneka ragam tumbuhan hidup dan berkembang. Sebagian merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit karena Kurangnya informasi ini informasi tanaman herbal untuk penyembuhan penyakit, sehingga masyarakat belum mengetahui secara detail keterangan penyakit, proses pembuatan obat, sampai jenis penyakit. K-Means merupakan algoritma clustering yang berulang-ulang. Algoritma K-Means dimulai dengan pemilihan secara acak K, K disini merupakan banyaknya cluster yang ingin dibentuk. Kemudian tetapkan nilai-nilai K secara random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pusat dari cluster atau biasa disebut dengan centroid, mean atau “means” dan penghitung jarak setiap data yang ada terhadap masing-masing centroid menggunakan rumus Euclidian hingga ditemukan jarak yang paling dekat dari setiap data dengan centroid. Hasil pengujian mudah dilakukan saat pengimplmentasian dan di jalankan prinsip yang sederhana dapat dijelaskan dalam non statistik dan Adanya penggunan k buah  random tidak ada jaminan untuk menemukan kumpulan cluster yang optimal.

Kata Kunci: tumbuhan, obat, penyakit, k-mean, centroid

Article Details

How to Cite
Darnita, Y., Toyib, R., & Kurniawan, Y. (2020). Penerapan Metode K-Means Clustering Pada Aplikasi Android Pada Tanaman Obat Herbal. Pseudocode, 7(2), 105–114. https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.105-114

References

  1. Ong, Johan Oscar. "Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University." Jurnal Ilmiah Teknik Industri 12.1 (2013): 10-20.
  2. Alfina, Tahta, Budi Santosa, and Ali Ridho Barakbah. "Analisa perbandingan metode hierarchical clustering, k-means dan gabungan keduanya dalam cluster data (studi kasus: Problem kerja praktek teknik industri its)." Jurnal teknik its 1.1 (2012): A521-A525.
  3. Asroni, Asroni, and Ronald Adrian. "Penerapan metode K-means untuk clustering mahasiswa berdasarkan nilai akademik dengan Weka Interface studi kasus pada jurusan Teknik Informatika UMM Magelang." Semesta Teknika 18.1 (2016): 76-82.
  4. Putra, Randi Rian, and Cendra Wadisman. "Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K Means." INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 1.1 (2018): 72-77.
  5. Pribadi, Ekwasita Rini. "Pasokan dan permintaan tanaman obat Indonesia serta arah penelitian dan pengembangannya." Perspektif 8.1 (2015): 52-64.
  6. Lumbessy, Mirna, Jemmy Abidjulu, and Jessy JE Paendong. "Uji Total Flavonoid Pada Beberapa Tanaman Obat Tradisonal Di Desa Waitina Kecamatan Mangoli Timur Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara." Jurnal MIPA 2.1 (2013): 50-55.
  7. Fitriyah, Nikmatul, et al. "Obat Herbal Antibakteri Ala Tanaman Binahong." Jurnal Kesehatan Kusuma Husada (2013).
  8. Silvia, Ai Fitria, Erik Haritman, and Yuda Mulyadi. "Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android." Electrans 13.1 (2014): 1-10.
  9. Anwar, Badrul, Hendra Jaya, and Putra Indra Kusuma. "Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User." Jurnal Saintikom 13.2 (2014).
  10. Listyorini, Tri. "Perancangan mobile learning mata kuliah sistem operasi berbasis android." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 3.1 (2013): 25-30.