Main Article Content

Abstract

Kantor Camat Muara Bangkahulu merupakan elemen penting dalam instansi pemerintahan daerah, salah satu tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, pembangunan dan pelayanan publik merupakan kewajiban dari peran suatu pemerintahan daerah. Bahwasanya pengaduan masyarakat merupakan hal yang sangat penting di dalam sebuah kantor kecamatan. Dengan adanya aspirasi dari masyarakat maka dapat membantu dalam perkembangan dan kemajuan suatu Kecamatan. Namun demikian, kantor kecamatan sedati dalam penerimaan pelaporan dan monitoring yang dilakukan masyarakat masih bersifat manual. Hal Ini menunjukan bahwa belum terciptanya pelayanan yang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan aplikasi pengaduan yang efektif dan efisien agar masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan tanpa harus datang langsung ke Kantor Kecamatan Muara Bangkahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi pengaduan masyarakat berbasis mobile, pengujian sistem berdasarkan uji black-box testing dan uji pengguna. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi pengaduan yang diberi nama “Ngadu Cik”, pengembangan aplikasi menggunakan Android Studio IDE, bahasa pemprograman Java, Java Development Kit (JDK) dan Software Development Kit (SDK). Dalam pengujian black-box testing didapatkan bahwa semua fungsi sistem berjalan dengan baik dan tidak terjadi error, baik dari segi menu maupun tombol. Berdasrkan hasil uji validasi kepada pengguna didapatkan hasil presentase sebesar 87,2% kedalam kategori valid, dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa puas dan sangat terbantu dengan aplikasi ini.

Kata Kunci: pengaduan, android, black-box testing, uji pengguna

 

Article Details

Author Biographies

Susilo Dwi Prabowo, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Anisya Sonita, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Ardi Wijaya, Universitas Muhammadiyah bengkulu

Teknik Informatika, Fakultas Teknik
How to Cite
Prabowo, S. D., Sonita, A., & Wijaya, A. (2021). Aplikasi Pengaduan Berbasis Mobile Android Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus: Kecamatan Muara Bangka Hulu Bengkulu). Pseudocode, 8(2), 134–142. https://doi.org/10.33369/pseudocode.8.2.134-142

References

  1. A. F. Syukri, “Standar Pelayanan Publik Pemda,” Bantul : Kreasi Wacana, pp. 29, 2009.
  2. C. Budihartantia, & R. Pandiangan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pencarian Rumah Sakit Di Jakarta Menggunakan Algoritma Dijkstra,” J. Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2016.
  3. E. S. Holle, “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government : Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service, ” Sasi, vol. 17, no. 3, pp. 21-30, 2011.
  4. E. Satriya, “Pentingnya Revitalisasi e-government di Indonesia,” Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Inforormasi & Komunikasi Untuk Indonesia, pp. 3-4, 2016.
  5. F. Fatin, “Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Android Di Pdam Tirta Satria Kabupaten Banyumas,” Universitas Negeri Semarang, 2016.
  6. I. Sugiarto, “Aplikasi Pencarian Lokasi Terdekat Pelayanan Kesehatan Berbasis Android Di Yogyakarta,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.
  7. J. A. O’Brien, & G. M. Marakas, "Management System Information,” New York : McGraw Hill, 2010.
  8. M. Mubarak, “Aplikasi Pelaporan Pelayanan Publik Berbasis Android (Studi Kasus : Ombudsman Makassar),” Univiversitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
  9. N. K. C. Dewi, I. B. G. Anandita, K. J. Atmaja, & P. W. Aditama, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android,” SINTECH (Science and Information Technology) J, vol. 1, no. 2, pp. 100-107, 2018.
  10. N. R. Riyadi, “Sistem Pengaduan Dan Pelayanan Masyarakat Di Kota Sorong Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.
  11. P. I. Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” 2009.
  12. Peraturan Daerah Kota Bengkulu, “tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 28 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kelurahan Dan Kecamatan Dalam Wilayah Kota Bengkulu,” https://jdih.bengkulukota.go.id/file/763305KOTA_BENGKULU_3_2011.pdf, no. 3, 2011.
  13. R. A. Sukamto, & M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Bandung : Informatika, 2016.
  14. S. Hartini, & J. Dermawan, “Implementasi model waterfall pada pengembangan sistem informasi perhitungan nilai mata pelajaran berbasis web pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening,” Paradigma J. Komputer & Informatika, vol. 19, no. 2, pp. 142-147, 2017.
  15. Y. Sansena, “Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website,” J. Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 15, no. 2, pp. 91-102, 2021.