Main Article Content
Abstract
Kepribadian dan kecerdasan majemuk dapat membantu seseorang mengambil keputusan dalam pemilihan jurusan kuliah. Pada penelitian ini, teori jenis kepribadian diambil dari buku Psikologi Islam Yang Sempurna oleh dr. Raaehanul Bahrean yang merupakan teori dari buku Personality Plus karangan Florence Littauer. Sedangkan teori kecerdasan majemuk yang dimaksudkan diambil dari teori “Frames of Mind” oleh Howard Gardner. Jenis kepribadian dan kecerdasan majemuk dikolaborasikan sehingga menghasilkan 672 kombinasi aturan dan 168 kelompok jurusan kuliah dengan metode forward chaining sebagai mesin ineferensinya. Berdasarkan hasil uji akurasi antara hasil tes manual dan tes dengan sistem didapatkan nilai akurasi 76,66% untuk jenis kepribadian dan 86,66% untuk nilai kecerdasan majemuk. Nilai akurasi dari pengujian perbandingan jurusan kuliah 47 mahasiswa sampel saat ini dengan rekomendasi jurusan kuliah berdasarkan jenis kepribadian dan jenis kecerdasan majemuk adalah sebesar 36,17%. Pengujian keberhasilan fungsional sistem menggunakan black box testing sebesar 100%.
Article Details
Copyright (c) 2022 Desi Andreswari, Andang Wijanarko, Gina Laxmi Yolanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pseudocode yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pseudocode bersifat akademik. Jurnal Pseudocode tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- A.S., R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
- Agustini, F. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Rancang Bangun E-Commerce. Simnasiptek, 204.
- Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: Umm Press.
- Aminudin. (2015). Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Yogyakarta: Lokomedia.
- Andriani, A. (2017). Pemrograman Sistem Pakar. Yogyakarta: MediaKom.
- Anggara, S. (2015). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.
- Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.
- Astuti, P. (2018). Penggunaan Metode Black Box Testing (Boundary Value Analysis) Pada Sistem Akademik (Sma/Smk). Faktor Exacta, 186.
- Bahrean, d. R. (2018). Psikologi Islam Yang Sempurna. Yogyakarta: Muslimafiyah Publishing.
- Catur, & Prasetyo. (2014). Analisis Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Hewan Sapi. Jurnal Informatika.
- Edi, D., & Betshani, S. (2012). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika, 71–85.
- Gardner, H. (2003). Multiple Intelligence : Kecerdasan Majemuk Teori dan Praktek. Penerjemah Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.
- Gusrion, D. (2018). Membuat Aplikasi Penyimpanan Dan Pengolahan Data Dengan Vb. KomTekInfo, 150–163.
- H.N, I. A. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM. Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 31-38.
- Hayadi, B. H. (2016). Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish.
- Mustaqbal1, M. S. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus : aplikasi prediksi kelulusan snmptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan , 1(3), 34.
- Nurkamila, L. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV Sdn Gentra Masekdas). Institutional Repositories & Scientific Journals, 57-92.
- Pambajeng, F. R. (2019). Pengembangan User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Aplikasi Cashoop Untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 7(1), 20–33.
- Santoso, J. (2018). Usability User Interface dan User Experience Media Pembelajaran Kamus Kolok Bengkala Berbasis Android. Jurnal Sistem Dan Informatika, 174–181.
- Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 6-12.
- Winarto, P. (2010). Maximizing Your Talent (Menemukan & Memaksimalkan Potensi Diri Anda) . libri, PT BPK Gunung Mulia.
- Yount, W. (2016). Research Design & Statiscal Analysis in Christian Ministry. New Orleans: New Orleans Baptist Theological Seminary.
- Zainuddin. (2011). Metodologi Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
References
A.S., R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Agustini, F. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Rancang Bangun E-Commerce. Simnasiptek, 204.
Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: Umm Press.
Aminudin. (2015). Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Yogyakarta: Lokomedia.
Andriani, A. (2017). Pemrograman Sistem Pakar. Yogyakarta: MediaKom.
Anggara, S. (2015). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.
Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.
Astuti, P. (2018). Penggunaan Metode Black Box Testing (Boundary Value Analysis) Pada Sistem Akademik (Sma/Smk). Faktor Exacta, 186.
Bahrean, d. R. (2018). Psikologi Islam Yang Sempurna. Yogyakarta: Muslimafiyah Publishing.
Catur, & Prasetyo. (2014). Analisis Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Hewan Sapi. Jurnal Informatika.
Edi, D., & Betshani, S. (2012). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika, 71–85.
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligence : Kecerdasan Majemuk Teori dan Praktek. Penerjemah Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.
Gusrion, D. (2018). Membuat Aplikasi Penyimpanan Dan Pengolahan Data Dengan Vb. KomTekInfo, 150–163.
H.N, I. A. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM. Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 31-38.
Hayadi, B. H. (2016). Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish.
Mustaqbal1, M. S. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus : aplikasi prediksi kelulusan snmptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan , 1(3), 34.
Nurkamila, L. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV Sdn Gentra Masekdas). Institutional Repositories & Scientific Journals, 57-92.
Pambajeng, F. R. (2019). Pengembangan User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Aplikasi Cashoop Untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 7(1), 20–33.
Santoso, J. (2018). Usability User Interface dan User Experience Media Pembelajaran Kamus Kolok Bengkala Berbasis Android. Jurnal Sistem Dan Informatika, 174–181.
Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 6-12.
Winarto, P. (2010). Maximizing Your Talent (Menemukan & Memaksimalkan Potensi Diri Anda) . libri, PT BPK Gunung Mulia.
Yount, W. (2016). Research Design & Statiscal Analysis in Christian Ministry. New Orleans: New Orleans Baptist Theological Seminary.
Zainuddin. (2011). Metodologi Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.