Main Article Content
Abstract
Dinas Pehubungan Kota Bengkulu terdapat Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang bertujuan untuk membantu masyarakat, salah satu UPT tersebut yakni UPT pengujian kendaraan bermotor yang mengelolah pengujian kelayakan kendaraan bermotor. Pelaksanaan kegiatan pelayanan pendaftaran yang dilakukan oleh UPT pengujian kendaraan bermotor ini masih dilakukan secara mandiri, dimana pihak pemilik kendaraan bermotor mendatangi langsung UPT untuk melakukan pengisian data oleh petugas UPT tersebut. Hal ini mengakibatkan berbagai macam persoalan antara lain yaitu kegiatan pendaftaran yang dilaksanakan secara manual ini akan mengakibatkan terjadinya penumpukkan antrian, dilihat dari segi efektifitas waktu cara tersebut akan memakan waktu yang lama dikarenakan petugas UPT harus mendata pemilik kendaraan satu-persatu. Salah satu solusi yang dapat diterapkan yaitu dibuatnya sebuah sistem E-ticket dengan berbasis website memanfaatkan email class untuk uji kendaraan. Dari hasil pengujian ini menyimpulkan bahwa penerapan E-Ticket pada uji kelayakan kendaraan bermotor berbasis web akan mempermudah proses pendaftaran, mengurangi penumpukan antrian, serta penerapan email class dengan menggunakan PHP Mailer dapat membantu dalam mendapatkan E-Ticket lebih mudah.
Kata Kunci : DISHUB, UPT, E-Tiket, Pendaftaran, Email Class, Website.
Article Details
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pseudocode yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pseudocode bersifat akademik. Jurnal Pseudocode tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- W. Nuviana, M. Noor. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Uptd. Puskesmas Lempake. J. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. 4, pp. 1621–1634, 2018.
- M. I. Alhabsyi and E. Sutomo. Analisis Penerimaan Website E-Ticketing Menggunakan TAM 2. Jurnal Sisem Informasi Komputer Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2017.
- W. Choiriah. Analisis Penjualan E-Tiket Menggunakan Algoritma Apriori Pada Cv. Guti Mulia Wisata. Zo. J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 21–27, 2019, doi: 10.31849/zn.v1i1.2382.
- M. Rizky, Y. Sugiyani, and Harsiti. Sistem Informasi Pemesanan E-Tiket Kapal Laut pada PT. Bandar Bakau Jaya. no. November, pp. 169–173, 2018.
- D. R. Hadinugrah. Implementasi E-Ticketing Dalam Trans Jabodetabek Untuk Mewujudkan Integrasi Transportasi Di Jabodetabek. no. 14010113120008, 2016.
- N. Nurbani, Refi, C.A. Iriansyah. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan E-Ticketing Kereta Rel Listrik Pada Stasiun Senen Jakarta. vol. 13, no. 1, pp. 45–50, 2018.
- S. W. . Sri Restuti,T.F. Musfar. Analisis Kepuasan Konsumen Atas Kualitas Layanan Electronic Ticketing Dalam Pembelian Tiket Pesawat di Kota Tanjungpinang. Pekbis J., vol. 6, no. 2, pp. 94–104, 2014.
- M. H. Wijaya and M. A. I. Pakereng. Perancangan Aplikasi E-Ticketing Pada Agen Bus Berbasis Website Menggunakan Laravel. JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1384–1396, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.974.
- Suhartono. Desain Sistem Mobile Web Store Menggunakan Codeigniter, Mysql, Dan Jquery Mobile. pp. 43–49, 2015.
- U. Hasanah, A. H. Handoyo, P. Ruliana, and I. Irwansyah. Efektivitas E-Mail Sebagai Media Komunikasi Internal terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan. Inter Komunika J. Komun., vol. 3, no. 2, p. 153, 2018, doi: 10.33376/ik.v3i2.233.
- R. K. Stevani. Pemanfaatan E-Mail Dalam Korespondensi Sebagai Perwujudan Paperless Office Di Pt Telkom. J. Adm. Perkantoran, vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014.
- S. Amrin, Mita Diah Larasati, Irawan. Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. VI, no. 1, pp. 135–138, 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
References
W. Nuviana, M. Noor. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Uptd. Puskesmas Lempake. J. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. 4, pp. 1621–1634, 2018.
M. I. Alhabsyi and E. Sutomo. Analisis Penerimaan Website E-Ticketing Menggunakan TAM 2. Jurnal Sisem Informasi Komputer Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2017.
W. Choiriah. Analisis Penjualan E-Tiket Menggunakan Algoritma Apriori Pada Cv. Guti Mulia Wisata. Zo. J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 21–27, 2019, doi: 10.31849/zn.v1i1.2382.
M. Rizky, Y. Sugiyani, and Harsiti. Sistem Informasi Pemesanan E-Tiket Kapal Laut pada PT. Bandar Bakau Jaya. no. November, pp. 169–173, 2018.
D. R. Hadinugrah. Implementasi E-Ticketing Dalam Trans Jabodetabek Untuk Mewujudkan Integrasi Transportasi Di Jabodetabek. no. 14010113120008, 2016.
N. Nurbani, Refi, C.A. Iriansyah. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan E-Ticketing Kereta Rel Listrik Pada Stasiun Senen Jakarta. vol. 13, no. 1, pp. 45–50, 2018.
S. W. . Sri Restuti,T.F. Musfar. Analisis Kepuasan Konsumen Atas Kualitas Layanan Electronic Ticketing Dalam Pembelian Tiket Pesawat di Kota Tanjungpinang. Pekbis J., vol. 6, no. 2, pp. 94–104, 2014.
M. H. Wijaya and M. A. I. Pakereng. Perancangan Aplikasi E-Ticketing Pada Agen Bus Berbasis Website Menggunakan Laravel. JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1384–1396, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.974.
Suhartono. Desain Sistem Mobile Web Store Menggunakan Codeigniter, Mysql, Dan Jquery Mobile. pp. 43–49, 2015.
U. Hasanah, A. H. Handoyo, P. Ruliana, and I. Irwansyah. Efektivitas E-Mail Sebagai Media Komunikasi Internal terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan. Inter Komunika J. Komun., vol. 3, no. 2, p. 153, 2018, doi: 10.33376/ik.v3i2.233.
R. K. Stevani. Pemanfaatan E-Mail Dalam Korespondensi Sebagai Perwujudan Paperless Office Di Pt Telkom. J. Adm. Perkantoran, vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014.
S. Amrin, Mita Diah Larasati, Irawan. Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. VI, no. 1, pp. 135–138, 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.