Main Article Content

Abstract

Haji dan Umrah adalah Muslim wajib bagi mereka yang mampu. Dalam mempersiapkan keberangkatan calon jamaah haji diberikan pengarahan yang salah salah satunya diberikan beberapa buku panduan. Ini dianggap belum praktis karena bisa memberatkan jemaat dalam beribadah. Perkembangan teknologi seperti smartphone Android dapat mengatasi ketidakpraktisan ini, sehingga dibutuhkan aplikasi mobile yang berisi panduan haji dan umrah. Dengan aplikasi ini mempermudah dan mengingatkan jamaah dalam melakukan prosesi haji dan umrah. Dalam menganalisis kebutuhan UML di antaranya adalah use case diagram, diagram aktivitas, diagram urutan dan diagram kelas. Hasil yang ingin dicapai adalah aplikasi mobile yang dapat memudahkan jamaah dan umroh dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah. Seperti sholat dalam melaksanakan prosesi haji dan umrah. Kesimpulan dalam pembuatan skripsi ini adalah aplikasi bimbingan haji dan umrah dapat membantu dan mempermudah calon jamaah haji dan umrah melaksanakan prosesi haji dan umrah.

 

Kata Kunci: Mobile Application, Hajj, Umrah, UML.

Article Details

Author Biography

Joko Dwi Santoso, Universitas AMIKOM Yogyakarta

Teknik Komputer/ Ilmu Komputer
How to Cite
Santoso, J. D. (2019). Buku Saku Ibadah Manasik Haji dan Umroh Berbasis Android. Pseudocode, 6(2), 156–163. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.156-163

References

  1. REFERENSI
  2. A.F.Albani, “Rancangan Bangunan Aplikasi Pembelajaran Haji dan Umroh Berbasis Multimedia pada Smartphone Bersistem Oprasi Android”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2015.
  3. D.P.Putra, A.Rakhmadi, D.A.Prasetya, “Aplikasi Alat Bantu Manasik Haji Berbasis Android”. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2014.
  4. S.F.Senjaya, “Aplikasi Panduan Ibadah Haji Jamaah Indonesia Berbasis Android”. Universitas Telkom Bandung. 2012.
  5. A.Faisal, “Rancang Bangun Aplikasi Panduan dan Navigasi Haji Mobile Berbasis Android”. Politeknik Caltex Riau. 2012.
  6. S.S.Hermawan, Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi 2011.
  7. M.S.Al-Utsaimin, Manasik Haji & Umrah & Beberapa Kesalahan Yang Dilakukan Sebagian Jama’ah, Surakarta : Biro Perjalanan Hajidan Umrah Asslaaam. 2006.
  8. Y.Supardi, Semua Bisa Menjadi Programmer. Android Case Study, Sejarah Android. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. 2014.
  9. N.H.Safaat, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika. 2011.
  10. Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung : Informatika. 2018.