Isi Artikel Utama

Abstrak

Metode pencocokan string banyak digunakan pada fungsi pencarian dalam sebuah sistem informasi. Salah satu sistem informasi yang membutuhkan metode ini adalah sistem informasi pengajuan judul skripsi, dikarenakan judul skripsi yang diajukan harus bersifat unik atau tidak boleh sama dengan judul skripsi yang sudah ada. Penelitian ini melakukan studi perbandingan terhadap dua buah metode exact string matching yaitu dengan sequential searching dan kondisi Like pada SQL yang diterapkan pada fitur pencarian judul skripsi pada sistem informasi pengajuan judul skripsi Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu. Kedua metode ini mencocokkan string pada record yang telah ditentukan berdasarkan keyword yang di-input. Sequential searching mencocokkan data dengan membuat array pada semua data judul skripsi yang telah diajukan, sedangkan kondisi Like membaca semua data pada tabel judul skripsi. Hasil penelitian menununjukkan, kedua metode menunjukkan hasil yang sama pada dalam pencocokan data yang relatif kecil. Kedua metode tersebut kurang efektif digunakan pada data yang besar karena membaca semua data tanpa penanda lain kecuali keyword

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ferzha Putra Utama, Universitas Bengkulu

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik

Raden Muhammad Hilmi Nurhadi, Universitas Bengkulu

Prodi Informatika, Fakultas Teknik,

Devina Fitria, Universitas Bengkulu

Prodi Informatika, Fakultas Teknik

Muhammad Panji Ramadhan, Universitas Bengkulu

Prodi Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Utama, F. P., Hilmi Nurhadi, R. M., Fitria, D., & Ramadhan, M. P. (2021). Studi Perbandingan Implementasi String Matching dengan Metode Sequential Searching dan Kondisi Like pada Pencarian Judul SKripsi. Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.14315

Referensi

  1. I. Marki?, M. Štula, M. Zori?, and D. Stipani?ev, “Entropy-Based Approach in Selection Exact String-Matching Algorithms,” Entropy, vol. 23, no. 1, p. 31, 2021.
  2. J. I. Sinaga, E. B. Mesran, and E. Buulo, “Aplikasi Mobile Pencarian Kata Pada Arti Ayat Al-Qur’an Berbasis Android Menggunakan Algoritma String Matching,” INFOTEK, vol. 2, pp. 68–72, 2016.
  3. V. Sagita and M. I. Prasetiyowati, “studi perbandingan implementasi algoritma boyer-moore, turbo boyer-moore, dan tuned boyer-moore dalam pencarian string,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 31–37, 2013.
  4. E. H. S. Atmaja and E. H. Parnadi, “Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Sequential Search Dan Forward Checking,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 2, no. 1, pp. 2–4, 2014.
  5. G. Gunawan, “Aplikasi Kamus Istilah Ekonomi (Inggris-Indonesia) Menggunakan Metode Sequential Searching,” Pseudocode, vol. 3, no. 2, pp. 122–128, 2016.
  6. D. Lorentz and J. Gregoire, “SQL Reference,” in B10759-01, 10.1., Redwood CIty: Oracle Corporation, 2003, pp. 6–22.
  7. S. Bathige, “How to make SQL Server Wildcard Searches Faster,” 2018. .