Isi Artikel Utama

Abstrak

Berdasarkan instruksi presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia mendorong SMK/MAK untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing. Dari instruksi tersebut maka diperlukan peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil survei awal dengan siswa Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Kota Bengkulu menggunakan kuesioner, didapatkan bahwa siswa sangat setuju dengan persentase 80% bahwa mereka mengalami kesulitan dalam memahami materi yang ada pada Teknik Alat Berat jika hanya sekedar menampilkan tulisan pada pembelajaran, dan siswa setuju dengan persentase 64% bahwa dengan menggunakan sumber belajar buku dan LKS mereka kurang dapat memahami materi yang ada di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan dan pembelajaran alat berat, yang di dalamnya terdapat konten-konten visual sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami sebuah materi dan mengimplementasikan metode Markerless User defined target. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#, Vuforia sebagai SDK dan objek 3D dibuat menggunakan software Blender. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan dan pembelajaran alat berat. Pengujian software menggunakan metode White Box (Basis Path Testing) dan Black box. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media pengenalan dan pembelajaran alat berat. Dan berdasarkan uji kelayakan sistem, semua variabel mendapatkan hasil penilaian dengan kategori “Baik”, dengan masing-masing persentase yaitu dari segi variabel tampilan aplikasi dengan persentase sebesar 80.6%, kemudian untuk variabel kemudahan sistem didapatkan hasil persentase sebesar 77.8%, dan dari segi variabel kinerja sistem didapatkan hasil persentase sebesar 77.2%.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Avindho Fattah Akbar, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Yudi Setiawan, Universitas Bengkulu

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Akbar, A. F., Andreswari, D., & Setiawan, Y. (2021). Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Alat Berat Pada Siswa Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Kota Bengkulu Dengan Mengimplementasikan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality (AR). Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.14755