Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak : Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Pada satu kejadian kecelakaan terdapat tujuh karakteristik yaitu hari, waktu, jenis kendaraan, data korban yang terdiri dari jenis kelamin, usia, kondisi, serta pekerjaan, dimana salah satu karakteristik tersebut yaitu kondisi korban akan digunakan dalam perhitungan Angka Ekivalen Kecelakaan guna menghasilkan bobot kelas kecelakaan. Dimana tujuan utama dari penelitian ini adalah membangun Sistem Informasi Geografis yang aktual dalam penentuan titik-titik lokasi kecelakaan lalu lintas dan kantor polisi  di  Kota  Bengkulu dengan  metode  Location  Based  Service  (LBS)  dengan  memanfaatkan Global Position System (GPS) dan Google Maps sebagai media perantara dan kemudian diimplementasikan menjadi gambaran  pemetaan  daerah  rawan  kecelakaan.  Tingkat  kerawanan  akan  dihitung  per  ruas  jalan  dan kecamatan. Aplikasi SIG ini dilengkapi dengan berbagai fitur berdasarkan kebutuhan pengguna seperti data management dan user management. Hasil output dari sistem ini salah satunya adalah pemetaan Angka Ekivalen Kecelakaan dimana pada setiap titik   kejadian dilengkapi dengan informasi tanggal, waktu, kecamatan, kelurahan, nama jalan, lokasi, nilai perhitungan AEK serta foto lokasi kejadian dan dilengkapi dengan penjelasan tentang perhitungan AEK itu sendiri.

Kata kunci: Sistem Informasi Geografis (SIG), Location Based Service (LBS), Global Position System (GPS),Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK)

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ririn Rozzaqiyah, Mahasiswa UNIB

Universitas Bengkulu - Fakultas Teknik Informatika
Cara Mengutip
Rozzaqiyah, R., Erlansari, A., & Anggriani, K. (2017). WEB GIS PEMETAAN LOKASI KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS SERTA PERHITUNGAN ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DI KOTA BENGKULU. Rekursif: Jurnal Informatika, 5(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v5i1.2562