Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak : Aplikasi cloud SQL berguna untuk memudahkan administrator database untuk memanajemen database secara terpusat. Pada umumnya, aplikasi manajemen database harus diinstall pada masing – masing server database, sehingga perlu aplikasi cloud SQL agar dapat terpusat. Aplikasi ini menggunakan arsitertur software as a service dengan tujuan membagi resorce database dalam bentuk json API. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman node.js. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML) sebagai perancangan sistem. Implementasi cloud pada aplikasi ini dengan menggunakan model private cloud. Pada penelitian ini diujicobakan untuk mengintegrasikan 4 database server yang dapat diolah pada aplikasi cloud. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi cloud yang dapat memanajemen database MySQL dan PostgreSQL, dan fungsi cloud sebagai cloud software as a service adalah dapat berbagi resource data pada database yang diolah dapam bentuk json API.


Kata Kunci: aplikasi cloud, private cloud, json API, cloud software as a service, Node.js, MySQL, PostgreSQL.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sulistyo, R., Erlansari, A., & Coastera, F. F. (2017). APLIKASI CLOUD SQL BERBASIS WEB. Rekursif: Jurnal Informatika, 5(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v5i1.2861

Referensi

  1. Kadhir, Abdul. 2008. Belajar Database Menggunakan SQL Server. Yogyakarta : Penerbit Andi.
  2. Nugroho, Andi. 2005. Rasional Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung: Penerbit Informatika.
  3. Pedro Teixeira, 2013. Professional Node.js. Indianapolis, United States of America: John Wiley & Sons, Inc.
  4. Roger S. Pressman, 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), ANDI Yogyakarta.
  5. Riyadi, 2013, Rancang Bangun REST Web Service untuk Perbandingan Harga Pengiriman dengan Metode Web Scrapping, Skripsi, Teknik Informatika AMIKOM, Yogyakarta.
  6. Sandoval, jose, 2009, RESTful Java Web services, Master core REST concepts and create RESTful web services in Java , Packt Publishing Ltd, Birmingham, UK.
  7. Sasono, Norman. 2011. Memahami Cloud Computing (Bagian 2). (Online). bagian-2/ semua-halaman, diakses 14 Juli 2016).
  8. Sugeng, Winarno. 2005. Jaringan Komputer dengan TCP/IP, Informatika, Bandung.