Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan restoran di Kota Bengkulu dengan metode simple additive weighting (SAW) berbasis Android. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna smartphone Android, untuk memilih restoran berdasarkan pembobotan nilai kriteria yang diperlukan pengguna. Sistem dibangun dengan pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD) sebagai alat bantu perancangan sistem dan basis data. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Sequensial Linear. Sistem pendukung keputusan ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman java dengan Android 2.3 SDK dan IDE Eclipse 3.5 Galileo serta database SQLite untuk manajemen basis data. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis Android yang bertujuan untuk mendapatkan hasil alternatif restoran berdasarkan perangkingan nilai terbesar dari perhitungan menggunakan metode SAW.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Restoran di Kota Bengkulu, Android, Unified Modelling Language (UML), Simple Additive Weighting (SAW).

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Vera Fuspita, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Arie Vatresia, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Desi Andreswari, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.
Cara Mengutip
Fuspita, V., Vatresia, A., & Andreswari, D. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Restoran di Kota Bengkulu Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Sistem Operasi Android. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i1.305