Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang kampus Universitas Bengkulu pada smartphone android yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat luas sehingga informasi dapat menyebar luas dan diperoleh dengan mudah. Aplikasi ini juga memudahkan untuk mencari data karyawan dan menemukan lokasi fasilitas kampus dengan memanfaatkan Google Maps dan Markerless Augmented Reality teknologi menunjukkan lokasi fasilitas di dalam kampus. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java untuk android dengan IDE Eclipse 3.5. Metode yang digunakan dalam pengembangan program ini adalah model yang linier sekuensial dengan bahasa pemodelan terpadu (UML) sebagai desain sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi informasi kampus Universitas Bengkulu sebagai pedoman yang dapat digunakan pada smartphone android dengan layar userfriendly, mudah digunakan dan baik dalam kinerja sistem.

Kata kunci: Android, Universitas Bengkulu, Google Maps, Markerless, Augmented Reality, UML, Location Based System.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Abdur Rahman, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Ernawati Ernawati, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Funny Farady Coastera, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Cara Mengutip
Rahman, A., Ernawati, E., & Farady Coastera, F. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Informasi Universitas Bengkulu Sebagai Panduan Pengenalan Kampus Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i2.307