Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Penggunaan teknologi sebagai alat bantu belajar mengajar disebut pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu mata pelajaran yang sering mengalami kendala adalah pembelajaran notasi musik. Oleh karena itu pada penelitian ini dibangun sebuah pembelajaran notasi musik berbasis TIK yang diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut. Media pembelajaran yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP (Adobe Dreamweaver CS5) dan Action Script (Macromedia Flash 8) serta pengolahan database MYSQL ini dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 4,53. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian kelayakan yang menggunakan skala likert dengan presentase aspek tidak baik 0%, kurang baik 1,67 %, baik 36,45 %, dan sangat baik 61,87 %. Berdasarkan hasil perbandingan nilai ujian ketika mengikuti pembelajaran konvensional dan nilai ujian setelah menggunakan pembelajaran berbasis TIK, nilai rata-rata siswa meningkat 13,4 angka. Berdasarkan hasil
pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran notasi musik berbasis TIK ini layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar guru dan bahan belajar siswa di luar waktu sekolah.

Kata kunci: Pembelajaran, Notasi Musik, TIK, Konvensional

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Putri Sola Gratia, 3Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

3Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Asahar Johar, 3Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

3Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Funny Farady C, 3Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

3Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Cara Mengutip
Sola Gratia, P., Johar, A., & Farady C, F. (2015). Pembelajaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas 7 di SMPN 11 Kota Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 3(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v3i1.317