Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengelompokan pelanggan merupakan salah satu strategi yang penting dalam memahami perilaku konsumen dan meningkatkan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan pelanggan pusat perbelanjaan berdasarkan data demografi dan perilaku belanja menggunakan algoritma Fuzzy C-Means (FCM). Dataset yang digunakan dalam penelitian ini adalah "Mall Customer Segmentation Data," yang berisi informasi seperti usia, jenis kelamin, pendapatan tahunan, dan skor belanja pelanggan. Algoritma FCM mampu membagi pelanggan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan kemiripan data, dengan memperhitungkan nilai keanggotaan fuzzy untuk setiap pelanggan. Hasil pengelompokan ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih mendalam tentang karakteristik masing-masing kelompok pelanggan, sehingga dapat membantu pusat perbelanjaan dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Penelitian ini juga akan membahas interpretasi dari setiap cluster yang terbentuk serta evaluasi performa algoritma FCM dala konteks segmentasi pelanggan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Yebi Depriansyah, M. Febri Ardiansyah, Mezi, M. Kevin Rinaldi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.