Isi Artikel Utama

Abstrak

Indekos dirancang untuk memenuhi kebutuhan hunian yang bersifat sementara dengan sasaran pada umumnya adalah mahasiswa dan pelajar yang berasal dari luar kota ataupun luar daerah. Indekos bisa juga disebut rumah penginapan yang digunakan orang umtuk menginap selama 1 hari atau lebih, dan kadang-kadang untuk periode waktu yang lebih lama misalnya: minggu, bulan atau tahunan.Tujuan penelitian ini adalah (1) Menerapkan Algoritma Dijkstra kedalam Pencarian Indekos dengan jarak terpendek. (2) Data yang dikelola sebagai data mencari Indekos di Kelurahan Kandang Limun dan Beringin Raya adalah data biaya, data luas Indekos, data fasilitas Indekos dan tipe penghuni Indekos. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sebuah aplikasi android yang menerapkan Algoritma Dijkstra dalam menghasilkan sebuah pencarian jarak terpendek menuju Indekos. (2) Pengujian Black Box dilakukan terhadap 10 kelas uji  dan 33 skenario pengujian yang diujikan dengan 33 skenario uji berhasil 100 % berjalan dengan sebagaimana mestinya dan dan ada 30 pengujian sistem ditempat berbeda yang valid. Pengujian kelayakan sistem dilakukan pada responden mahasiswa universitas bengkulu. (3) Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel tampilan dengan kategori sangat baik ( 3,31 %), variabel kinerja sistem dengan kategori sangat baik (3.1875%) dan variabel kemudahan pengguna dengan kategori sangat baik (3,125%)  sehingga secara keseluruhan disimpulkan bahwa aplikasi termasuk dalam kategori  sangat baik (Skor 3,2075 dari Skala 4,00).

Kata kunci : Pencarian, Algoritma Dijkstra, Jarak Indekos, Kelurahan Kandang Limun dan Beringin Raya

 

 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
fajri, albes, Purwandari, E. P., & Coastera, F. F. (2018). Implementasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pencarian Indekos Dengan Jarak Terpendek Menggunakan Metode Algoritma Dijkstra. Rekursif: Jurnal Informatika, 6(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v6i1.4266

Referensi

  1. Syahwari, H.2012. Analisis dan Perancangan Sistem Web Kos Indekos Berbasis Client/Server Sebagai Sarana Pelayanan Jasa Informasi.Skripsi. Yogyakarta.
  2. Husein, R.2003. Konsep dasar Sistem Informasi Geografis. Jakarta.
  3. Purwandari, E.2016. Peningkatan Keterampilan Guru IPS SMP Dalam Penggunaan Sistem Iinformasi Geografis Untuk Mewujudkan Kurikulum 2013 di Kota Bengkulu
  4. Arifianto, S.2002. Sistem Aplikasi Penentuan Rute Terpendek pada Jaringan Multi Moda Transportasi Umum Menggunakan Algoritma Dijkstra. Thesis , 6-7.
  5. Riyanto. 2010. Membuat Sendiri Aplikasi Mobile GIS Platform Java ME, Blackberry & Android. Yogyakarta: Andi.
  6. Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
  7. Pressman, R.S.2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: Andi.