Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak : Bahasa Inggris telah berkembang dan membuat banyak variasi, diantaranya adalah British English dan American English. Kedua bahasa ini penting dan mempunyai banyak perbedaan, tetapi buku kamusnya cukup sulit ditemui. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu memudahkan pengguna dalam mencari kosakata menggunakan media kamus British English – American English yang tidak hanya praktis, tetapi juga lebih cepat. Sehingga dipilihlah MurmurHash3 sebagai metode pencarian yang diimplementasikan pada penelitian ini dan berbasis mobile, dengan Android sebagai sistem operasinya. MurmurHash3 merupakan sebuah fungsi hash non-cryptographic yang digunakan untuk sistem pencarian hash. MurmurHash3 digunakan karena sifatnya yang stabil, cepat, sederhana, performa yang bagus dan collision resistance yang baik. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan IDE Android Studio 2.3.3 dan database SQLite. Pengujian yang dilakukan adalah black box performance testing, uji penelitian aplikasi terkait dan uji kelayakan sistem menggunakan kuesioner. Pengujian black box performance testing digunakan untuk menguji performa dari MurmurHash3 dengan hasil pengujian sebesar 89.4%.

 

Kata Kunci : MurmurHash3, Android, Kamus, British English, American English.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ikramullah, M., Eranawati, E., & Erlanshari, A. (2018). Kamus Kosakata British English – American English Dengan Sistem Pencarian Fungsi Hash Murmurhash3 Berbasis Android. Rekursif: Jurnal Informatika, 6(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v6i1.4278

Referensi

  1. Appleby, A. (2012). SMHasher & MurmurHash. Diakses 4 Desember 2017 https://scholar.google.com/scholar?q=Appleby%20A%20%282012%29%20SMHasher%20%26%20MurmurHash.
  2. Balbeid, A. (2008). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Kamus Dinamis Menggunakan Teknologi J2ME. Diakses 5 Oktober 2016, dari http://digilib.stikom.edu/detil.php?id=792.
  3. Brown, C., & Junior, L. (2014). Efficient Cardinality estimation for k-mers in large DNA sequencing data sets. F1000Research, 1-5. doi:http://dx.doi.org/10.1101/056846.
  4. Kreibich, J. A. (2010). Using SQLite (First ed.). (M. Loukides, Ed.) Sebastopol, CA: O'Reilly Media, Inc.
  5. Safaat H, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.