Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak. Kota Bengkulu dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi, bahkan memiliki potensi alam untuk dikembangkan menjadi Kota pariwisata, maka para wisatawan sangat membutuhkan penginapan selama mereka berada di Kota Bengkulu. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan pemetaan dalam pemilihan penginapan di Kota Bengkulu menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), dapat mempermudah pengunjung dalam mencari penginapan di Kota Bengkulu sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Data penginapan yang dimasukan ke sistem ada 52 pengianapan yang menjadi alternatif dan 4 kriteria. Pengujian fungsional pada sistem ini menggunakan Black Box Testing dan pengujian ini mendapatkan nilai keberhasilan fungsional sistem sebesar 100% dari 19 skenario pengujian. Sistem ini juga telah melakukan pengujian kualitatif menggunakan kuesioner sebagai tolak ukur keberhasilan sistem untuk pengguna. Kuesioner ditujukan kepada 30 orang masyarakat umum, ada 10 pertanyaan 4 tentang tampilan pesentase 88,33%, 4 tentang kemudahan pengguna pesentase 91%, dan 2 tentang kinerja sistem pesentase 85,33% sehingga sistem bisa dikatakan berhasil.

Kata Kunci : Penginapan, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan, Kota Bengkulu

Rincian Artikel

Cara Mengutip
ternando, amri js, Efendi, R., & Purwandari, E. P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Penginapan Di Kota Bengkulu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : Kota Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 6(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v6i1.4360

Referensi

  1. Turban, Liang, Aronson dan J. E, Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ., 2005.
  2. Moore, J. h., & M. g. Chang, Design of Decision Support Systems, Data Base 12(1-2)., 1980.
  3. Pahlevy, Randy, & Tesar, Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya, Indonesia: Universitas pembangunan nasi, 2010.
  4. D. C. Hartini, E. L. Ruskan dan A. Ibarahim, Istem pendukung keputusan pemilihan hotel di kota palembang dengan metode simple additive weighting (saw), unsri : jurusan informasi fakultas ilmu komputer unsri, 2013.
  5. A. Rosa dan M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2014.
  6. S. Kusumadewi dan H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
  7. A. Julisman, Sistem Aplikasi Travel dengan angularJS & CodeIgniter, Yogyakarta: Lokomedia, 2014.
  8. Turban, Liang, Aronson, & E, J, “Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.,” 2005.