Isi Artikel Utama

Abstrak

Kakao merupakan salah satu komoditas ekspor andalan pemerintah Indonesia. Hama dan penyakit merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap penurunan produksi kakao. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk mengetahui hama adan penyakit yang menyerang tanaman kakao sehingga petani dapat mengetahui jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman kakao dengan tujuan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam proses pengendalian hama dan penyakit. Sistem ini dibangun menggunakan Android Studio dan data base SQLite serta menggunakan model waterfall untuk pengembangan sistem dan Unite Modelling Languange (UML) untuk perancangan sistem. Metode yang diterapkan pada sistem adalah metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem pendukung keputusan serangan hama dan penyakit pada tanaman kakao yang menghadirkan informasi jenis hama dan penyakit yang mungkin menyerang tanaman kakao berdasarkan kriteria atau attribute dari tanaman kakao.

Kata Kunci: sistem pendukung keputusan, kakao, SMARTwaterfall, UML

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Teguh Santoso, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Ernawati Ernawati, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Kurnia Anggriani, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Santoso, T., Ernawati, E., & Anggriani, K. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Serangan Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kakao Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique. Rekursif: Jurnal Informatika, 7(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i1.5987

Referensi

  1. Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kakao 2013-2015. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, 2014.
  2. Turban and Efraim, Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Yogyakarta: Andi, 2005.
  3. Dwi Novianti, "Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda)," Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul, pp. 461-465, 2016.
  4. Arif Akbarul Huda, Live Coding ! 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
  5. Okfalisa and Ade Gunawan, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Produk Asuransi Jiwa bagi Nasabah menggunakan mmetode SMARTER," Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, pp. 73-79, 2014.
  6. Rosa and M. Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.