Isi Artikel Utama

Abstrak

Leasing atau sewa guna usaha adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyeleksi pengguna jasa Leasing mobil; mengimplementasikan metode Rank Order Centroid (ROC) dan Simple Additive Weighting (SAW) dalam sistem pendukung keputusan seleksi pengguna jasa leasing di PT.Multindo. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan IDE Netbeans 8.2. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah model waterfall dan Unified Modeling Language (UML) sebagai perancangan sistem. Pengujian yang digunakan adalah pengujian white box dengan 100% independent path berhasil dijalankan dan pengujian black box dengan 100% skenario pengujian berhasil. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem pendukung keputusan yang sesuai dibuktikan dengan akurasi data sebesar 95,7%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Utami, R. T., Andreswari, D., & Setiawan, Y. (2016). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN PEMBOBOTAN RANK ORDER CENTROID (ROC) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI PENGGUNA JASA LEASING MOBIL. Rekursif: Jurnal Informatika, 4(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v4i2.853

Referensi

  1. www.multindo.co.id. (t.thn.). Dipetik January 3, 2016, dari http://www.multindo.co.id/.
  2. Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi
  3. Salsabella, A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Resep Masakan Berdasarkan Ketersediaan Bahan Makanan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3.
  4. Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.
  5. Hariyanto, D. B. (2011). Esensi - Esensi Bahasa Pemrograman Java. Bandung: Penerbit Informatika.
  6. A.S, R., & Shalahudin, M. (2014). Rekaya Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
  7. Nugroho, A. (2005). Analisis Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
  8. Hasibuan, Z. A. (2007). Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
  9. Lewis, W. E. (2005). Software Testing and Continuous Quality Improvement Second Edition. United States of America: AUERBACH PUBLICATIONS.