Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan rekomendasi untuk pembelian mobil bekas. Aplikasi ini menggunakan metode Basis data Fuzzy Tahani untuk melakukan pemprosesan data harga, kapasitas silinder, umur mobil, umur aki serta jarak tempuh dan menggunakan metode Multi-Factor Evaluation Process (MFEP) untuk melakukan perangkingan rekomendasi. Data mobil bekas yang dimasukkan diperoleh dari lima showroom mobil yang ada di kota Bengkulu. Untuk pembuatan keputusan digunakan metode MFEP (Multi-Factor Evalution Process) dan Basis data Fuzzy Tahani. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan rekomendasi pembelian mobil bekas yang memiliki fitur-fitur penambahan data (jenis mobil, merk mobil, bahan bakar, showroom, dan mobil) dan pengubahan domain aturan fuzzy. Pengujian kelayakan system dilakukan pada 20 konsumen dengan 80 data mobil dan diambil secara acak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel tampilan dengan kategori sangat baik (31 %), variabel kemudahan pengguna adalah sangat baik (7,5 %), dan variabel kinerja sistem juga berada pada kategori sangat baik (23,75 %). Sehingga secara keseluruhan adalah system berada pada kategori Baik (skor 4,09 dari skala 5,00).
Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Basis data Fuzzy Tahani, Multi-Factor Evaluation Process (MFEP), dan Rekomendasi mobil bekas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
oktavia, yola, Susilo, B., & Efendi, R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pembelian Mobil Bekas Menggunakan Metode Multi-Factor Evaluation Process (MFEP) dan Basis Data Fuzzy Tahani. Rekursif: Jurnal Informatika, 4(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v4i2.897