Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem promosi pariwisata Provinsi Bengkulu berbasis Android dan Web dan untuk mengetahui hasil evaluasi sistem promosi pariwisata melalui pendekatan Usability Testing. Pada penelitian ini menghasilkan sistem Aplikasi Jelajah Bengkulu berbasis Android yang dapat di install pada Smartphone Android yang memungkinkan pengguna secara realtime untuk meng-update posting, memberikan like, serta komentar pada salah satu posting yang terdapat di list. Dan hasil posting, like serta komentar tersebut akan secara otomatis mengubah content yang terdapat pada aplikasi Jelajah Bengkulu berbasis Web. Pengguna aplikasi dapat mengabadikan moment di masing-masing wisata yang ada di Provinsi Bengkulu, dan juga mendapatkan informasi pariwisata di Provinsi Bengkulu meliputi wisata alam (pesisir dan hutan tropis), budaya, sejarah, dan kuliner. Berdasarkan pengujian usability pada sistem aplikasi terhadap 50 responden yang diukur dengan skala linkert, tingkat kepuasan pada segi kemudahan, efisiensi, mudah diingat, kesalahan, dan kepuasan berada pada skala 4 sehingga hasil usability responden terhadap sistem adalah puas. Berdasarkan pengujian blackbox dengan menguji beberapa form masukan pada aplikasi, didapatkan hasil bahwa fungsional aplikasi sudah berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan rancangan.

 

Kata kunci :  Evaluasi Usability, Sistem Promosi, Pariwisata, Android, Web.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Rafles Abdi Putra, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Boko Susilo, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Yudi Setiawan, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika
Cara Mengutip
Putra, R. A., Susilo, B., & Setiawan, Y. (2019). Evaluasi Usability Terhadap Sistem Promosi Pariwisata Berbasis Android dan Web (Studi Kasus: Objek Pariwisata di Provinsi Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 7(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i2.9163

Referensi

  1. Eryadi. (2008). IPSL (Intisari Pengetahuan Sosial Lengkap) SMP. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.
  2. Fathurohim. (2015). Aplikasi Android Untuk Manajemen Pakan Kolam Ikan. E-Proceeding Of Engineering Vol.2 No.2 Agustus 2015. ISSN : 2355-9365.
  3. Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus : Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). Juisi Vol.02 No.1 Februari 2016.
  4. Setiawan, Y. (2017). Design dan Implementasi Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Konten Sebagai Startup Lokal Bengkulu. Seminar Nasional Teknologi Informasi