Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan anak usia dini atau yang sering dikenal dengan sebutan PAUD adalah salah satu pendidikan dasar pada anak-anak sebelum menempuh jenjang pendidikan selanjutnya. Maka PAUD adalah sasaran terbaik untuk mengajarkan perilaku tertib berlalu lintas sejak dini. Salah satu cara mudah untuk mengajarkan Rambu Lalu Lintas kepada anak-anak adalah dengan menampilkan Gambar, Suara, dan Animasi. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk membangun Aplikasi Mobile Augmented Reality rambu lalu lintas pada anak usia dini sehingga dapat memperkenalkan sebagian dari rambu lalu lintas yang sering dijumpai anak-anak dijalan atau lingkungan sekitar tempat mereka bermain. Dan juga dapat mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (Marker Based Tracking )   sebagai media pengenalan rambu di Yayasan Kemala Bhayangkari. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Unity 3D dan bahasa pemrograman C#, Vuforia sebagai database marker, dan UML sebagai pemodelan perancangan perangkat lunak (software). Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Augmented Reality rambu lalu lintas yang dapat menampilkan 3D Rambu Lalu Lintas yang dilengkapi Rambu, Gedung, jalan dan Mobil dengan animasi yang dapat menggambarkan fungsi dari masing-masing rambu. Pengujian kelayakan Software menggunakan metode White Box dan Black Box. Berdasarkan hasil pengujian tersebut , secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran Rambu Lalu Lintas di Yayasan Kemala Bhayangkari Kota Bengkulu.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Rahmad Putra, UNIVERSITAS BENGKULU

UNIVERSITAS BENGKULU S1
Cara Mengutip
Putra, R., Erlansari, A., & Andreswari, D. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE MARKER BASED (STUDI KASUS : TK KEMALA BHAYANGKARI KOTA BENGKULU). Rekursif: Jurnal Informatika, 8(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v8i1.9478

Referensi

  1. Agushinta. 2010. Mengenal Interakasi Manusia dan Komputer. . s.l. : Universitas Gunadarma.
  2. Candiasa, I Made. 2012. Pembelajaran Berbasis Komputer. Bali : s.n.
  3. Dewantara , Adi Yoga. 2013. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
  4. Irsyad, Mohammad. 2016. Pengembangan Media Darlantas (Sadar Berlalu Lintas) Untuk Menanamkan Pendidikan Etika Berlalu Lintas Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.
  5. Kadir, Abdul. 2013. Pemrograman Database untuk Pemula. Yogyakarta : Mediakom.
  6. Kansil, C S T dan Christine, S T Kansil. 1995. Disiplin Berlalu Lintas Di jalan.
  7. Kasman, Akhmad Dharma . 2013. Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP & MYSQL. Yogyakarta : Loko Media.
  8. Kusnandar, Ade. 2008. Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta : Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional.
  9. Kusuma, I Nyoman Wira. 2014. Pembangunan Aplikasi Media Periklanan Arlogi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya.
  10. Lestari, Endah Puji. 2012. Pentingnya pendidikan Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : https://endahpujilestari1110029.wordpress.com
  11. Mahastama, Aditya Wikan. 2016. Pemanfaatan Computer Vision : Augmented Reality. s.l. : [online] Availabe at: http://www.lecture.ukdw.ac.id.
  12. Tientje, Nurlaila nqm. 2004. Pendiikan Anak Usia Dini Untuk Mengembangkan Multipel Integensi. . s.l. : Dharma Graha Group.
  13. Tirtobisono, R. 2009. Pengenalan Dasar Visual Basic 6.0. Yogyakarta : Andi Offset