Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Dalam dunia anak terdapat berbagai jenis permainan, salah satu jenis permainan yang bermanfaat bagi anak dan bersifat edukatif adalah puzzle. Permainanmerupakan salah satu sarana hiburan yang banyak diminati oleh banyak orang. Kemunculan smartphone Android pun menjadi salah satu pesatnya perkembangan mobile game, karena pengguna android dapat mengunduh permainansecara gratis dengan berbagai pilihan jenis permainan.Tentunya dengan kepingan gambar (puzzle) yang sedikit dan tingkat kesulitannya lebih mudah. Rumah Bubungan Lima adalah rumah adat resmi Provinsi Bengkulu.Pada Teka Teki Rumah Bubungan Lima Dengan Metode Kecerdasan Buatan dengan mesin inferensi forward chaininguntuk mencari goal utama yaitu pencocokan kepingan puzzle untuk memperoleh nilai tertinggi. Tujuan yang hendak dicapai untuk memperkenalkan kebudayaan adat khususnya rumah adat Provinsi Bengkulu dengan pendekatan permainan bersifat kecerdasan buatan dan mengimplementasikan permainan teka tekibiasa menjadi teka teki gambar 3 dimensi ke dalam bentuk aplikasi mobile game. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah game bergrafis 3D berjudul “Puzzle 3D Rumah Adat Bubungan Lima” yang menggunakan pendekatan artificial intelligence.


Kata kunci : Permainan, Puzzle, Forward chaining,Android, 3 Dimensi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wiranata, E. M., Erlanshari, A., & Coastera, F. F. (2016). Rancang Bangun Permainan Android Tiga Dimensi Teka Teki Rumah Bubungan Lima Dengan Metode Kecerdasan Buatan. Rekursif: Jurnal Informatika, 4(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v4i1.953