Main Article Content

Abstract

Menurut data Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral konsumsi Bahan Bakar Minyak pada 2016 meningkat 2,76% menjadi 73,56 juta kiloliter dari tahun sebelumnya. Hal ini akan sangat berdampak pada lingkungan apabila penggunaan memiliki efesiensi yang rendah sehingga kualitas pembakaran menjadi tidak sempurna, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembakaran dengan memperbaiki kualitas dan efesiensi bahan bakarnya dengan penggunaan alat fuel catalisator. Tujuan pengujian ini untuk mengetahui perbandingan daya, torsi dan emisi gas buang kadar HC, CO, O2 dan  dengan penggunaan fuel catalisator dan tanpa penggunaan fuel catalisator yang dilakukan pada sepeda motor 1 silinder berteknologi VVA bahan bakar RON 90. Hasil pengujian menunjukkan perbedaan daya, torsi dan emisi gas buang, daya maksimal dan torsi maksimal yang dihasilkan tanpa penggunaan fuel catalisator  sebesar 9,9 Hp dan 16,06 N.m. Sedangkan daya dan torsi maksimal yang dihasilkan dengan penggunaan fuel catalisator sebesar 11,1 Hp dan 16,41 N.m. Penggunaan fuel catalisator terjadi penurunan emisi gas buang HC paling besar 66 Ppm, penurunan emisi gas buang kadar CO paling besar 0,16%,  penurunan emisi gas buang O2 paling besar 0,05% dan terjadi penigkatan emisi gas buang kadar CO2  sebesar 13,3 %.

Kata Kunci: Fuel catalisator, Daya Torsi, Emisi gas buang 

Article Details

Author Biography

Alfanda Ahmad Romandona, Universitas Tidar

Fakultas Teknik
How to Cite
Romandona, A. A. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN FUEL CATALISATOR PADA MESIN BENSIN 4 LANGKAH DENGAN SISTEM TRANSMISI MATIC BERTEKNOLOGI VARIABLE VALVE ACTUATION (VVA). Teknosia, 15(2), 25–36. https://doi.org/10.33369/teknosia.v15i2.19153

References

  1. Aditya, Pradana. 2018. “Pengujian penggunaan Catalisator terhadap emisi gas buang mesin sepeda motor 4 langkah” Jurnal Vol 1 No 1-8. Semarang. Universitas Diponegoro.
  2. Ahmaddani, L.2009.Pengaruh penambahan Catalisator terhadap kinerja mesin Otto Berbahan Bakar Pertamax. Depok.Universitas Indonesia.
  3. AR Spedd, 2021. Pedoman dan Spesifikasi Dynotest. Gedang anak, Ungaran, Semarang, Jawa tengah.
  4. Arijanto, Heri Nugraha.2011.”Pengaruh penggunaan fuel catalisator pada prestasi mesin sepeda motor” Vol,13. No 1. 8-12.Semarang.Universitas Diponegoro.
  5. BPS-RI.2017. Statistik Transportasi Darat. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
  6. Broquet The Foul Catalyst.2020. Daftar harga dan spek. Jakarta. PT Broquet Indonesia
  7. Cengel, A. Yunus., Michael A. Boles. 2006. Thermodynamics an Engineering Approach Fifth Edition in SI Units Mc Graw Hiil Book Company: Singapore.
  8. Harling, V. N. V., 2018, Pengaruh Jumlah Catalisator pada HCS dan jenis Busi Terhadap Daya mesin Sepeda Motor Honda Supra X 125, 3(1), Hal 1-4
  9. Harjanto, N. 2008. Dampak Lingkungan Pusat Listrik Tenaga Fosil dan Prospek PLTN Sebagai Sumber Energi Listrik Nasional. Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir, Vol 1 No 1. ISSN 1979-2409. BATAN.
  10. Heywood, J. B.,1998, Internal Combustion Engine Fundamentalas, New York: Mc.Graw Hill
  11. Hidayat, W.,2012, Motor Bensin Modern, Jakarta : PT.Rineka Cipta.
  12. Keputusan Direktur jenderal Minyak dan Gas Bumi No. 0486.K/10/DJM.S/2017, 2017, Standar dan mutu Bahan Bakar Minyak jenis Bensin 90 yang dipasarkan didalam negeri, Jakarta : Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.
  13. K.E. dan S. D. Mineral. 2012. Permen ESDM No.14 Tahun 2012, tentang manajemen energi. Jakarta, 2012.
  14. Kholil, 2013. Pengertian Dynamometer. Diakses dari http:/aki—dartaq. blogspot.co.id/2013.03./pengertian-dynamometer.html pada tanggal 9 maret 2021.
  15. Kristanto, P.2015. Motor Bakar Torak (Teori dan Aplikasinya). Yogyakarta : ANDI Offset Yogyakarta.
  16. Maulana, 2009. Kajian Teoritis Performansi Mesin Berteknologi VVA dan Non VVA. Universitas Sumatera Utara.
  17. Wahid Muhkamad, 2011. Sistem transmisi Kendaraan Sepeda Motor Berbahan bakar bensin. Yogyakarta ; Skripta Media Creative, 2011.
  18. Motorblitz, 2015. Penjelasan teknologi detail, cara kerja, dan keuntungan VVA di mesin yamaha 150 blue core. Jakarta
  19. PT. Yamaha Indonesia, 2019. Buku manual Teknis sepeda motor. Jakarta, PT.Yamaha.
  20. Prasetyo, I. 2018. Analisa Performa Mesin Dan Kadar Emisi Gas Buang. Skripsi, UMS, 13.
  21. Raharjo, W.D. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
  22. Saputra, Rio Andi dan Hazwi, Mulfi. 2016. “Kajian eksperimental penggunaan Katalisator terhadap performansi mesin Otto berkapasitas 113 cc”.Jurnal Vol 241-244, Medan. Universitas Sumatra Utara.
  23. Suparni, Setyowati,R. el al.2008. Kimia Industri Untuk SMK Jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembina SMK.
  24. Suryadi,dkk. 2017. “Pengaruh pengunaan fuelcatalisator didalam tangka bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor transmisi manual Jurnal No 1. 1- 4 Sawahlunto Padang.Universitas Padang.
  25. Wardono, H., 2004, Modul pembelajaran Motor Bakar 4-Langkah, Bandar Lampung: Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung.