Main Article Content
Abstract
Baja AISI 1010 umum digunakan sebagai komponen mobil listrik tidak terhubung pada bodi mobil listrik, komponen ini sangat rentan mengalami korosi karena sering terpapar cuaca panas dan hujan terus menerus. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan cara elektroplating. Elektroplating adalah proses ion – ion logam pelindung (anoda) di atas logam lain (katoda) secara elektrolis yang bertujuan untuk membentuk permukaan dengan sifat atau dimensi yang berbeda dengan logam dasar. Jenis pengujian yang digunakan dalam menganalisis hasil elektroplating pada penelitian ini adalah pengujian adhesi lapisan. Laju korosi, dan lapisan lapisan. Tujuan dari pengujian ini yaitu untuk mengetahui daya rekat lapisan, ketahanan terhadap laju korosi, dan tingkat ketebalan lapisan. Variabel tegangan pada proes elektroplating menggunakan variasi tegangan 7,5 V, 8 V, dan 8,5 V. Hasil pengujian nilai adhesi tertinggi terjadi pada variasi tegangan 8,5 volt sebesar 27,21 MPa. Nilai laju korosi terendah terjadi pada variasi tegangan 8,5 volt sebesar 0,0049 mpy. Dan nilai yang digunakan bertambah tinggi terjadi variasi tegangan 8,5 volt yaitu sebesar 1,68 m Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi tegangan yang maka semakin tinggi nilai adhesi lapisan, dan ketebalan lapisan yang terbentuk. Semakin tinggi teknologi yang digunakan juga akan semakin rendah laju korosi yang terjadi. 0049 mpy. Dan nilai yang digunakan bertambah tinggi terjadi variasi tegangan 8,5 volt yaitu sebesar 1,68 m Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi tegangan yang maka semakin tinggi nilai adhesi lapisan, dan ketebalan lapisan yang terbentuk. Semakin tinggi teknologi yang digunakan juga akan semakin rendah laju korosi yang terjadi. 0049 mpy. Dan nilai yang digunakan bertambah tinggi terjadi variasi tegangan 8,5 volt yaitu sebesar 1,68 m Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi tegangan yang maka semakin tinggi nilai adhesi lapisan, dan ketebalan lapisan yang terbentuk. Semakin tinggi teknologi yang digunakan juga akan semakin rendah laju korosi yang terjadi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.