Main Article Content

Abstract

Roda gigi sproket adalah bagian dari mesin yang berputar dan digunakan untuk menyalurkan tenaga (daya putaran dari mesin ke roda belakang) agar motor dapat bekerja dengan optimal. Secara umum, roda gigi sproket termasuk salah satu dari golongan baja karbon rendah dimana baja ini memiliki kombinasi sifat mekanik yang baik seperti: kekerasan, keuletan, dan ketangguhan yang baik. Namun jenis logam ini memiliki keterbatasan dalam hal ketahanan korosi dan keausan. Oleh karena itu salah satu upaya untuk memperbaiki performa kerja dari roda gigi sproket untuk meningkatkan ketahanan korosi dan keausan yaitu dengan elekroplating nikel-hardchrome. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui parameter laju korosi lapisan nikel-hardchrome roda gigi sproket dengan variasi waktu pencelupan dan jarak anoda-katoda terhadap nilai laju korosi dan keausan pada material roda gigi yang berbahan baja ST41. Proses elekroplating nikel-hardchrome menggunakan variasi waktu pencelupan selama 25, 35, dan 45 menit dengan jarak anoda-katoda sejauh 2 dan 5 cm. Pengujian laju korosi menggunakan metode polarisasi potensiodinamik dengan standar uji ASTM G102 dan uji keausan menggunakan standar uji ASTM G99 dengan mesin Ogoshi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa waktu pencelupan dan jarak anoda-katoda berpengaruh secara nyata terhadap laju korosi dan nilai keausan. Nilai laju korosi tertinggi didapat pada raw material sebesar 4,587925 mpy dan nilai keausannya yaitu 3,97568 x10-07 mm2/kg. Nilai laju korosi terendah terjadi pada variasi waktu pencelupan selama 35 menit dengan jarak anoda-katoda sejauh 2 cm yaitu sebesar 0,003576 mpy dan besar nilai keausannya yaitu 2,269212 x10-07 mm2/kg. Hal ini dikarenakan semakin lama waktu pencelupan dan semakin dekat jarak anoda-katoda yang digunakan dapat menurunkan nilai laju korosi dan keausan pada logam. Akan tetapi, pada waktu pencelupan 45 menit terjadi kejenuhan ion-ion yang menempel dan merusak ikatan yang mengakibatkan laju korosi meningkat kembali.

Article Details

Author Biography

Iqbal Satria Nugraha

Mahasiswa Universitas Tidar
How to Cite
Nugraha, I. S. (2022). PENENTUAN PARAMETER LAJU KOROSI LAPISAN NIKEL-KROM PADA RODA GIGI KENDARAAN BERMOTOR. Teknosia, 15(2), 52–59. https://doi.org/10.33369/teknosia.v15i2.19196

References

  1. Alphanoda, A.F. 2017. “Pengaruh Temperatur Larutan Electrolit dan Jarak Elektroda terhadap Laju Korosi pada Hasil Pelapisan Electroplating Hard Chrome”. Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Sukabumi. JTERA vol.1, No. 1, 286-290
  2. Google